Kamis, 2 Mei 2024

ASDP Terapkan Sistem Penundaan Urai Kepadatan Kendaraan di Pelabuhan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
ASDP Terapkan sistem Penundaan Urai Kepadatan Kendaraan di Pelabuhan M. Yusuf Hadi Direktur Komersial dan Pelayanan ASDP (kedua kiri), C. Wijaya Direktur Teknik & Fasilitas Kusnadi ASDP (kedua kanan), dan Harry MAC Direktur Perencanaan & Pengembangan (kiri) menjelaskan upaya ASDP menghadapi angkutan Lebaran 2024 dalam kegiatan media gathering di Jakarta, Rabu (3/4/2024). Foto: Antara

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan penerapan sistem penundaan (delaying system) melalui penyediaan titik zona penyangga (buffer zone) di rest area guna mengurai kepadatan antrean kendaraan di pelabuhan saat arus mudik dan balik Lebaran 2024.

“Kelancaran arus mudik Lebaran 2023 salah satunya didukung dengan adanya penerapan sistem penundaan (delaying system) melalui penyediaan titik lokasi zona penyangga (buffer zone) di beberapa titik sehingga langkah tersebut akan diberlakukan kembali pada angkutan Lebaran tahun ini,” kata M. Yusuf Hadi Direktur Komersial dan Pelayanan PT ASDP, dilansir Antara, Rabu (3/4/2024).

Hadi juga mengatakan dengan adanya proyeksi peningkatan produksi sebesar 15 persen penumpang dan 14 persen untuk kendaraan dengan total produksi di 8 lintas pantauan nasional sejumlah 5,78 juta penumpang dan 1,37 juta kendaraan, ASDP mengambil langkah antisipasi dengan penerapan sistem penundaan.

“Langkah ini merupakan salah satu fasilitas tambahan sebagai poin kritikal dalam mengurai arus kendaraan di kawasan pelabuhan dan dalam rangka mendukung kelancaran arus mudik dan balik Angkutan Lebaran 2024,” katanya.

Hadi pun menjelaskan terkait arah menuju Pelabuhan Merak terdapat rest area KM 43, KM 68, Lahan Munic, dan Cikuasa Atas, dan lainnya. Lalu, untuk arah Pelabuhan Bakauheni meliputi rest area KM 87B; KM 67B; KM 49B; KM 33B; KM 20B; jalur arteri Gayam, Kantor Lama Balai Karantian Pertanian, RM Gunung Jati, dan lainnya.

Ia menambahkan, untuk arah Pelabuhan Ketapang tersedia area buffer zone pada Terminal Sritanjung, Grand Watudodol, Lapangan Bola Areba, dan Jalur Lingkar.

Kemudian untuk Pelabuhan Gilimanuk terdapat Terminal Kargo, UPPKB Cekik, dan terminal bus arah Pelabuhan Jangkar yang mencakup lahan parkir Paguyuban Petani Tebu dan arah Pelabuhan Lembar yaitu Terminal Sigenter dan Lapangan Parkir PDS.

Sementara itu, ASDP mencatat berdasarkan data, tiket kendaraan yang sudah direservasi oleh pengguna jasa untuk periode Posko Lebaran H-1 sd H-7 di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk serta Pelabuhan Perbantuan Ciwandan sejumlah 35.355 atau sama dengan 7,9 persen dari total kuota reservasi yang dibuka.

Sedangkan, untuk periode 1 – 30 Maret 2024 atau periode pra-angkutan Lebaran, total tiket kendaraan yang terjual pada empat pelabuhan utama adalah 652.118 tiket terjual.

Selain itu dari data reservasi, diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada tanggal 6 April 2024 (H-4) dengan jumlah pengguna jasa yang telah reservasi untuk di Pelabuhan Merak sebanyak 3.124 tiket atau setara dengan 15 persen dari kuota reservasi yang dibuka.

Untuk kelancaran perjalanan, khususnya di lintas Merak-Bakauheni, dan Ketapang-Gilimanuk, ASDP mewajibkan pengguna jasa membeli tiket secara online via Ferizy sebelum keberangkatannya.

“Hal ini demi kelancaran dan kenyamanan selama penyeberangan, pastikan pengguna jasa sudah bertiket maksimal H-1 keberangkatan,” Tegasnya.

Lebih lanjut, kata dia, ASDP terus memastikan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan bagi seluruh penumpang dengan memberikan pelayanan prima dalam angkutan Lebaran 2024 sehingga selaras dengan slogan yang diluncurkan Kementerian Perhubungan tahun ini, yakni “Mudik Ceria, Penuh Makna”. (ant/sya/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs