Senin, 24 Juni 2024

BI dan Kemlu RI Perkuat Kerja Sama Diplomasi Ekonomi Internasional

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tangkapan layar Perry Warjiyo Gubernur Bank Indonesia dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Kamis (17/6/2021, 15.06 WIB). Foto: Antara/Youtube Bank Indonesia

Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) memperkuat kerja sama diplomasi ekonomi internasional untuk meningkatkan kolaborasi lembaga.

Perry Warjiyo Gubernur BI mengatakan, koordinasi dan sinergi dalam penyelenggaraan hubungan internasional itu, guna memperjuangkan kepentingan Indonesia di tingkat internasional.

“Penandatanganan nota kesepahaman ini mencerminkan upaya koordinasi dan sinergi kedua lembaga dalam meningkatkan peran dan memperkuat posisi Indonesia di internasional,” kata Perry di Jakarta, Selasa (28/5/2024), dilansir Antara.

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Perry Warjiyo Gubernur BI dan Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI, pada 15 Mei 2024. Kerja sama kedua lembaga berlaku efektif hingga 15 Mei 2029.

Menurut Perry, dengan kerja sama itu diplomasi ekonomi yang dilakukan menjadi semakin efektif untuk mendukung terjaganya kepentingan nasional dan persepsi positif perekonomian Indonesia di level internasional.

Area kerja sama tersebut difokuskan pada tiga aspek utama. Aspek pertama merupakan upaya mengelola persepsi positif Indonesia serta secara bersama mendorong investasi dan perdagangan untuk mendukung perekonomian nasional dan meningkatkan pemahaman mengenai kebijakan Indonesia.

Aspek kedua adalah perumusan posisi Indonesia dan pelaksanaan hubungan internasional untuk mendukung kepentingan dan meningkatkan peran Indonesia di tingkat bilateral, regional dan multilateral.

Kemudian, aspek ketiga terkait dengan dukungan terhadap kepentingan ekonomi nasional di level internasional, antara lain melalui kerja sama untuk mendorong penggunaan mata uang lokal dalam penyelesaian transaksi, perluasan konektivitas sistem pembayaran, dan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 24 Juni 2024
26o
Kurs