Selasa, 30 April 2024

IHSG Anjlok Seiring Memanasnya Konflik Iran-Israel

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi: Karyawan berjalan di dekat layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Foto: Antara

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (16/4/2024) bergerak melemah signifikan seiring memanasnya konflik di kawasan Timur Tengah.

IHSG dibuka melemah 156,25 poin atau 2,14 persen ke posisi 7.130,62. Sementara itu, kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 turun 35,04 poin atau 3,64 persen ke posisi 928,68.

“Tensi geopolitik yang kembali memanas setelah pecah konflik antara Israel versus Iran akan mewarnai bursa saham setelah periode libur Lebaran. Fluktuasi harga minyak dapat menimbulkan efek riak di seluruh dunia karena negara-negara sangat bergantung terhadap komoditas yang digunakan untuk memproduksi bahan bakar,” sebut Tim Riset Lotus Andalan Sekuritas dalam kajiannya dikutip Antara.

Tensi geopolitik di Timur Tengah yang semakin panas membuat para pelaku khawatir akan terdapat perang lebih besar yang dapat membuat ekonomi dunia semakin terpuruk yang menimbulkan ketidakpastian di pasar.

Secara historis, guncangan geopolitik menyebabkan volatilitas jangka pendek, bukan penurunan pasar jangka panjang, yang mana dampak jangka pendek yang terlihat adalah ancaman inflasi yang kembali melonjak akibat harga minyak dunia yang saat ini 90 dolar AS per barel.

Dengan kondisi tersebut, dari dalam negeri, Bank Indonesia (BI) kemungkinan akan melakukan aksi intervensi agar sebisa mungkin menahan volatilitas drastis dari pergerakan rupiah, yang mana pada Selasa ini, Bank Indonesia (BI) akan merilis Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Indonesia periode Maret 2024.(ant/azw/saf/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version