Sabtu, 20 April 2024

Inacraft 2024 Kembali Digelar, Targetkan Transaksi Rp100 Miliar

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Hatman Wakil Ketua Umum I Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (Asephi) yang juga Project Officer Inacraft 2024 (kedua kanan) berbicara dalam jumpa pers Inacraft 2024 di Jakarta, SElasa (27/2/2024). Foto: Antara Hatman Wakil Ketua Umum I Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (Asephi) yang juga Project Officer Inacraft 2024 (kedua kanan) berbicara dalam jumpa pers Inacraft 2024 di Jakarta, SElasa (27/2/2024). Foto: Antara

Pameran perdagangan internasional produk kerajinan tangan Indonesia atau Inacraft akan kembali digelar pada 28 Februari–3 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), dengan target transaksi Rp100 miliar.

Hatman, Wakil Ketua Umum I Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (Asephi) yang juga Project Officer Inacraft 2024 mengatakan, pameran tahun ini akan diikuti oleh sekitar 1.500 UMKM, yang akan mengisi 1.066 stan yang ada di arena Inacraft, dilansir Antara.

UMKM yang akan terlibat terdiri atas 850 anggota Asephi, serta 650 non anggota dan peserta binaan berbagai kementerian seperti Kementerian BUMN, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Koperasi dan UKM.

Umi Noor Wijati, Direktur Mediatama Event menambahkan, Inacraft 2024 juga akan diikuti oleh peserta dari luar negeri yang datang dari berbagai negara, seperti Uzbekistan, China, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Nepal, Polandia, dan Palestina.

Pihak penyelenggara menargetkan 10 ribu pengunjung dalam lima hari penyelenggaraan dan kontrak dagang senilai 12 juta dolar AS atau sekitar Rp188 miliar.

“Inacraft 2024 juga akan dihadiri oleh 70 hingga 100 buyers,” kata Umi.

Terdapat 133 peserta kategori eksportir dan siap ekspor dengan tanda khusus di booth masing-masing.

Umi menambahkan pihak penyelenggara juga bakal menyediakan beragam sistem pembayaran selama Inacraft berlangsung guna memudahkan transaksi. Semua sistem pembayaran mulai dari QRIS, kartu kredit, dan transfer akan tersedia.

Inacraft 2024 mengusung sub tema “World Craftpreneurs Under One Roof” sebagai pendamping dari tema utama “From Smart Village to Global Market”. Pameran produk kerajinan tangan ini menawarkan ragam produk kerajinan Indonesia, seperti batik, tenun, sepatu, perlengkapan travel, juga fesyen dan bordir.

Inacraft tahun ini juga bakal menampilkan alat-alat musik tradisional sebagai upaya penyelenggara untuk menyosialisasikan dan memberikan edukasi terkait alat-alat musik tradisional yang merupakan bagian dari kerajinan tangan khas Indonesia.

Pameran Inacraft dibuka untuk umum pada pukul 10.00 s.d. 21.00 WIB dengan tiket masuk Rp25.000 yang dapat dibeli melalui pra registrasi dan tiket boks langsung di arena pameran.

Pameran ini akan menempati seluruh hall JCC yang memiliki luas sekitar 20.231 meter persegi agar pameran dapat menampung seluruh kegiatan promosi dan acara pendukung lainnya. (ant/azw/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs