Minggu, 14 April 2024

Pelindo Regional 3 Catat Kenaikan Penumpang 24 Persen pada Momen Nataru

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Penumpang waktu akan menaiki salah satu kapal fery di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dalam momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Foto: Pelindo

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 mencatat kenaikan jumlah arus penumpang sebesar 24 persen atau 338 ribu penumpang, periode H-15 hingga H+8 libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Jumlah ini meningkat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, mencapai 255 ribu penumpang.

Ardhy Wahyu Basuki Regional Head 3 Pelindo mengatakan, jumlah itu merupakan data arus penumpang nataru yang terdiri dari 159 ribu Penumpang Embarkasi, dan 178 ribu penumpang Dembarkasi.

Menurutnya, peningkatan didorong oleh sejumlah faktor, antara lain membaiknya kondisi pascapandemi Covid-19, dan libur nataru yang berdekatan. Sehingga, secara tidak langsung berdampak pada tingginya permintaan masyarakat untuk melakukan perjalanan pada periode Nataru

“Kenaikan ini sebenarnya sudah kami prediksi bersama dengan KSOP dengan menyiapkan terminal-terminal yang diprediksi akan menampung lonjakan penumpang, alhamdulillah kami bisa melayani arus mudik nataru ini dengan baik,” Ujar Ardhy dalam keterangannya yang diterima, Rabu (4/1/2024).

Ardhy menambahkan kenaikan penumpang tersebut terjadi di hampir 20 cabang pelabuhan di bawah operasional Pelindo Regional 3, di antaranya  Pelabuhan Tanjung Celukan Bawang, Pelabuhan Tanjung Emas, Pelabuhan Trisakti, hingga Pelabuhan Kupang.

Salah satunya di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Pada H+8 Nataru, Jumlah penumpang embarkasi dan dembarkasi mencapai 101 ribu pada tahun 2023 ini. Atau naik tajam 24 persen dari tahun sebelumnya sebanyak 77 ribu penumpang.

“Pelabuhan Perak menanjadi pelabuhan tersibuk pada Nataru tahun ini, penumpang yang hilir mudik didominasi dari dan menuju wilayah timur, seperti Kupang, Maumere dan Ende,” jelas Ardhy.

Tak hanya dalam momen Nataru, Ardhy membeberkan dalam hal pelayanan, Pelindo menyampaikan pihaknya terus berkomitmen memberikan layanan terbaik dan efisien kepada pengguna jasanya termasuk para penumpang moda transportasi laut. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 14 April 2024
28o
Kurs