Sabtu, 27 April 2024

Pelindo Regional 3 Siapkan 21 Terminal Jelang Nataru

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pemeriksaan Penumpang Mudik Nataru 2023. Foto : Pelindo

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 menyiapkan 21 terminal penumpang menyambut momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Langkah itu untuk mengantisipasi lonjakan pemudik dalam momen tersebut, khususnya via jalur laut. Diprediksi penumpang laut di wilayah Pelindo Regional 3 akan naik 23 persen dari tahun lalu.

Ardhy Wahyu Basuki Regional Head 3 Pelindo di Surabaya, mengatakan tahun lalu capaian arus penumpang pada Nataru 2022 sekitar 322 ribu penumpang dan kali ini diprediksi melonjak 23 persen menjadi sekitar 396 ribu penumpang.

Menyikapi hal itu, Pelindo Regional 3 telah melakukan sejumlah persiapan, seperti penyiapan berbagai fasilitas keamanan dan kenyamanan, hingga kesehatan bagi calon pemudik yang tiba maupun berangkat dari setiap terminal penumpang.

Penumpang saat memasuki gerbang keberangkatan. Foto: Pelindo

“Sejumlah fasilitas yang dipastikan siap di antaranya ruang tunggu penumpang, alat pemeriksa suhu tubuh, ruang laktasi, penambahan counter check-in hingga penambahan petugas jaga dan CCTV guna memastikan keamanan bagi calon pemudik,” kata Ardhy, dalam siaran persnya diterima suarasurabaya.net, Kamis (14/12/2023).

Pelindo Regional 3, juga terus berkoordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan, seperti OP, syahbandar dan penyedia pelayaran agar arus mudik Nataru 2024 khususnya melalui jalur laut bisa berjalan lancar.

Penumpang saat keluar dari kapal. Foto: Pelindo

“Kami telah memastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerja kami. Semua fasilitas umum baik fasilitas ruang tunggu, ruang menyusui, hingga ruang kesehatan dipastikan siap melayani,” tutur Ardhy.

Sebelumnya, arus mudik Nataru baik via darat, udara maupun laut diprediksi akan mengalami kenaikan jumlah penumpang setelah dilonggarkannya aturan berpergian oleh pemerintah.

Sementara itu, sekadar diketahui, terminal penumpang di bawah naungan Pelindo Regional 3 di antaranya adalah Pelabuhan Maumere, Pelabuhan Ende, Pelabuhan Kupang Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Benoa, Pelabuhan Gilimas, Pelabuhan Bima dan Lembar. (and/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs