Sabtu, 27 April 2024

PGN Kirim Tujuh Kargo LNG Pertama ke China

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Kapal pengangkut tujuh kargo kargo gas alam cair (LNG) ke China. Fopto: PGN

Subholding Gas Pertamina PT PGN Tbk mengirim kargo gas alam cair (LNG) pertama dengan total tujuh kargo tujuan China pada Jumat (9/2/2024).

“Manuver ini menjadi realisasi ekspansi bisnis global dan diversifikasi bisnis PGN untuk masuk ke dalam bisnis LNG internasional, dengan memiliki portofolio penjualan energi tingkat global,” Arief S. Handoko ujar Direktur Utama PGN dalam keterangan resminya, Minggu (11/2/2024).

Bisnis LNG Internasional ke China ini telah dijajaki sejak 2020-2021 bersama supplier dan buyer, dan baru terwujud pada tahun ini.

Dalam prosesnya, PGN berkomunikasi secara intensif baik dengan LNG supplier serta potensial buyer. Di samping itu, market intelligence juga dilakukan untuk pemasaran dan penetrasi LNG baik skala regional maupun global.

Kerja sama ini memberikan benefit bagi PGN untuk penciptaan milestone penting dalam bisnis LNG global, sehingga menimbulkan awareness dan kehadiran dari PGN kepada para pemain LNG skala global.

Selain itu, PGN menambah networking untuk menjalin hubungan baik dengan international player.

Arief menekankan perhitungan bisnis dan GCG dilaksanakan dengan prudent agar upaya PGN dalam memasuki pasar LNG internasional memiliki impact keekonomian bagi perusahaan maupun negara.

Namun juga tetap memberikan prioritas gas bumi untuk pemenuhan energi dalam negeri agar keekonomian dan ketahanan energi terjaga.

Ke depan, PGN akan berusaha meningkatkan volume perdagangan LNG internasional melalui inisiatif yang sedang dijajaki saat ini termasuk potensi diversifikasi bisnis LNG lainnya seperti gasing up cooling down, revitalisasi, dan pembangunan tangki penyimpanan LNG baru maupun LNG Bunkering yang akan dikerjakan oleh PGN maupun anak usahanya. (saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs