Rabu, 24 April 2024
Wawasan Business Forum #TheNextGiant

Rhenald Kasali Ajak Pebisnis Melompat Lebih Tinggi untuk Hadapi Tantangan dan Dinamika 2024

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Prof. Rhenald Kasali, Komisaris Utama PT Pos Indonesia dan Founder Rumah Perubahan dan Restu Indah, penyiar Suara Surabaya sekaligus moderator Wawasan Business Forum #TheNextGiant di Ballroom DoubleTree by Hilton Surabaya, pada Jumat (23/2/2024). Foto: Dukut suarasurabaya.net Prof. Rhenald Kasali, Komisaris Utama PT Pos Indonesia dan Founder Rumah Perubahan dan Restu Indah, penyiar Suara Surabaya sekaligus moderator Wawasan Business Forum #TheNextGiant di Ballroom DoubleTree by Hilton Surabaya, pada Jumat (23/2/2024). Foto: Dukut suarasurabaya.net

Diskusi “Wawasan Business Forum #TheNextGiant” di Ballroom Hotel Doubletree by Hilton Surabaya, Jumat (23/2/2024) berlangsung gayeng.

Ratusan peserta dengan seksama mencatat berbagai poin yang dipaparkan oleh Prof. Rhenald Kasali Komisaris Utama PT Pos Indonesia dan Founder Rumah Perubahan.

Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia itu banyak membahas soal tren dunia, tantangan, dan dinamika dunia bisnis pada tahun 2024.

Rhenald mengatakan, tantangan pada tahun ini merupakan dampak dan pengaruh dari perkembangan dunia yang terjadi sejak 2023.

“Tahun 2023 banyak hal mengejutkan. Dari analisa saya, ada sembilan kejutan dunia dan banyak mengubah strategi (bisnis),” kata Rhenald pada Jumat malam di Surabaya.

Menurut Rhenald, sembilan kejutan dunia itu membuat pelaku usaha hingga pemerintah harus melakukan penyesuaian agar mampu menjawab tantangan.

Prof. Rhenald Kasali Komisaris Utama PT Pos Indonesia dan Founder Rumah Perubahan menyampaikan materi dalam Wawasan Business Forum #TheNextGiant di Ballroom DoubleTree by Hilton Surabaya, pada Jumat (23/2/2024). Foto: Dukut suarasurabaya.net
Prof. Rhenald Kasali Komisaris Utama PT Pos Indonesia dan Founder Rumah Perubahan menyampaikan materi dalam Wawasan Business Forum #TheNextGiant di Ballroom DoubleTree by Hilton Surabaya, pada Jumat (23/2/2024). Foto: Dukut suarasurabaya.net

Beberapa contoh kejutan dunia itu adalah perang dan konflik antarnegara hingga berdampak pada ekonomi global dan pangan.

Kemudian sistem jebakan finansial, munculnya strawberry generation, keberadaan super intelligent AI, krisis rantai pasokan, pemanasan iklim, dan perombakan besar-besaran.

“Kita harus adaptif, untuk menghindari ‘brittle, illusion of strength‘. Kita semua merasa kuat karena brand kita bagus, karena kita monopoli di daerah kita. Tapi sebenarnya meski terlihat kokoh dan perkasa, ternyata tidak,” ujarnya.

Untuk menghadapi berbagai kejutan dunia itu, Rhenald menegaskan bahwa pelaku bisnis harus banyak berbenah dan melakukan lompatan yang lebih tinggi.

“Yang membuat Anda maju adalah lompatan. Anda harus melompat, Anda harus punya keberanian. Hanya mereka yang melompat, yang akan mendapatkan tempat di dunia baru ini,” katanya.

Selain itu, Rhenald juga memaparkan pelbagai peluang global yang harus dimanfaatkan oleh pelaku usaha. Yaitu pergeseran karakter masyarakat menjadi konsumerisme, kemudian keberadaan sains dan teknologi baru, hingga kemunculan kelas menengah baru.

Guru Besar Universitas Indonesia itu menegaskan bahwa di era disrupsi ini dunia usaha dan pemerintahan dituntut untuk mampu melakukan penyesuaian dan tidak terlalu birokratis.

Wawasan Business Forum #TheNextGiant di Ballroom DoubleTree by Hilton Surabaya, pada Jumat (23/2/2024). Foto: Dukut suarasurabaya.net
Wawasan Business Forum #TheNextGiant di Ballroom DoubleTree by Hilton Surabaya, pada Jumat (23/2/2024). Foto: Dukut suarasurabaya.net

Perlu diketahui, Wawasan Business Forum #TheNextGiant pada Jumat (23/2/2024) di Ballroom DoubleTree by Hilton Surabaya adalah program Wawasan Suara Surabaya yang pertama kali diselenggarakan secara off-air.

Para narasumber yang bakal dihadirkan merupakan sosok-sosok fenomenal dan menginspirasi. Prof. Rhenald Kasali, Komisaris Utama PT Pos Indonesia dan Founder Rumah Perubahan, Andanu Prasetyo selaku CEO MAKA Group & Founder Toko Kopi Tuku, dan Edi Masrianto selaku Direktur Keuangan, Treasury, and Global Services Bank Jatim.

Ketiga narasumber memberikan gambaran yang sangat terkait dengan tren global. Baik dari segi tantangan, kepentingan-kepentingan yang berpotensi di 2024, hingga bagaimana menghadapi tahun 2024 sendiri.

Sehingga para pebisnis di Surabaya mendapat gambaran dalam mengambil keputusan dan menjual strategi untuk menghadapi tahun 2024.

Sebagai informasi, Wawasan Suara Surabaya merupakan program khusus yang dihadirkan setiap hari mulai Senin hingga Kamis, selama dua jam mulai pukul 07.00 – 09.00 WIB.

Program Wawasan sendiri membahas mulai dari fenomena terbaru hingga isu-isu nasional yang mengundang para pendengar untuk bergabung mengutarakan pendapatnya, sebelum ditutup dengan paparan dari pakar, ahli hingga pihak terkait sebagai narasumber program.(wld/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs