Kamis, 9 Mei 2024

Rupiah Tergelincir 68 Poin Menjadi Rp15.705 per Dolar AS pada Rabu Pagi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Lembaran mata uang Rupiah dan Dolar AS diperlihatkan di salah satu jasa penukaran valuta asing di Jakarta. Foto: Antara

Nilai tukar (kurs) Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu (24/1/2024) pagi, tergelincir 68 poin atau 0,43 persen menjadi Rp15.705 per Dolar AS dibandingkan pada penutupan perdagangan sebelumnya sebesar Rp15.637 per Dolar AS.

Meski demikian, kurs Rupiah terhadap Dolar AS pada perdagangan Rabu hari ini diprediksi cenderung menguat dipengaruhi oleh peningkatan sentimen risk-on di China.

“Rupiah hari ini diprediksi cenderung menguat di kisaran Rp15.590 hingga Rp15.640 per dolar AS,” kata Rully Nova analis Bank Woori Saudara dilansir Antara.

Menurut Rully, sentimen risk-on di China disebabkan oleh rencana stimulus di pasar keuangan oleh Pemerintah China.

Pemerintah China akan menarik Dolar AS dari perusahaan China di luar negeri untuk menstabilkan pasar saham dalam negeri China.

Dengan demikian, bukan hanya China tapi juga emerging market lainnya termasuk Indonesia akan kebanjiran capital inflow.

Di samping itu, sentimen pasar juga dipengaruhi oleh kebijakan moneter longgar yang masih terus dilanjutkan oleh bank sentral Jepang.

Pelaku pasar juga masih menunggu data produk domestik bruto (PDB) triwulan IV-2023 dan inflasi Indeks Harga Belanja Personal (PCE) Amerika Serikat. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
31o
Kurs