Minggu, 28 April 2024

Vietnam Targetkan 3,5 Miliar Dolar AS dari Ekspor Durian pada Tahun ini

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Vietnam mematok target 3,5 miliar Dolar Amerika Serikat (AS) dari ekspor durian pada tahun ini. Foto: Vietnam Plus

Nilai ekspor durian Vietnam ditarget akan mencapai nilai 3,5 miliar dolar Amerika Serikat (AS) (1 dolar AS = Rp15.525) pada tahun ini, setelah melonjak lima kali lipat menjadi lebih dari 2 miliar dolar AS pada 2023.

Angka tersebut dilaporkan oleh sejumlah media asal Vietnam pada Jumat (5/1/2024) kemarin, mengutip Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam.

Dilansir dari Antara pada Sabtu (6/1/2024), Dang Phuc Nguyen Sekretaris Jenderal Asosiasi Buah dan Sayuran Vietnam menyebut ekspor durian dapat mencapai angka 3,5 miliar dolar AS pada tahun ini.

Dengan output durian yang diperkirakan akan mencatat angka lebih tinggi serta lebih banyak area penanaman dan fasilitas pengemasan yang mendapatkan kode untuk ekspor ke China.

Phung Duc Tien Wakil Menteri Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam mengatakan, jika protokol ekspor durian beku ditandatangani dengan China pada 2024, ekspor durian Vietnam akan semakin meningkat.

Durian Vietnam saat ini diekspor ke delapan pasar, dengan China menyumbangkan 97 persen dari total volume ekspor tersebut.

Tahun lalu, pendapatan ekspor durian Vietnam mencapai 2,2 miliar Dolar AS. Atau menyumbang hampir 40 persen dari total ekspor buah dan sayuran negara itu. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
31o
Kurs