Sabtu, 4 Mei 2024

CLINT EASTWOOD Sajikan Perang Beraroma Ironi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Mungkin inilah karya CLINT EASTWOOD yang memberikan sentuhan baru bagi nuansa film perang gaya Amerika. Karena dalam Flags Of Our Fathers justru tidak mempertontonkan kekuatan negara adi daya ini. Sebaliknya, mengutip The New York Times, inilah ironi Amerika.

Naskah yang ditulis WILLIAM BROYLES JR bersama dengan PAUL HIGGIS memang diadaptasi dari sebuah buku yang sebelumnya ditulis JAMES BRADLEY dan RON POWERS, yang mencatat rentetan kejadian-jadian pertempuran Iwo Jima dan nasib pembawa bendera dan beberapa rekan mereka di Easy Company.

Menghadirkan pemain-pemain muda Hollywood, CLINT EASTWOOD berharap film ini bisa diterima dan dinikmati oleh semua kalangan termasuk para generasi muda. Tidak sendiri, sebagai produser selain CLINT, ada nama ROBERT LORENZ dan STEVEN SPIELBERG. Dan nama terakhir itu memberikan jaminan luar biasa untuk sebuah film.

Bercerita tentang sebuah pertempuaran paling penting di Pasifik, kisah dalam film ini akhirnya menjadi foto-foto paling luar biasa dan dikenang sepanjang masa. Terutama oleh rakyat Amerika sendiri. Lima orang marinir dan satu tentara Amerika berusaha mengibarkan bendera kebangsaan Amerika diatas gunung Suribachi.

Foto spektakuler tersebut sampai saat ini merupakan foto yang paling dikenang. Padahal dibalik itu semua, ada kegelisahan diantara lima orang yang dianggap sebagai pejuang dan pahlawan Amerika yang sesungguhnya itu. Nilai kepahlawanan.

Mereka tidak pernah tahu bahwa apa yang mereka kerjakan itu dikenang sepanjang masa. Satu persatu akhirnya mereka meninggal. Dan tinggalah satu orang pembawa bendera yang masih hidup. Sedikitpun prajurit itu tak tertarik akan lambang kejayaan sebagai pejuang. Tidak berharap menjadi pahlawan.

“Bagi prajurit sejati adalah berada bersama dengan kawan-kawan seperjuangan digaris depan medan pertempuranlah, merupakan saat-saat menyenangkan. Kalaupun tewas tanpa kemuliaan”. Gumam itu yang menjadikan Flags Of Our Fathers menjadi sangat menarik dan berbeda dengan film-film perang produk Amerika lainnya.

Menghadirkan RYAN PHILLIPPE, JESSE BRADFORD, ADAM BEACH, PAUL WALKER, dan JAMIE BELL, Flags Of Our Fathers yang diproduksi Warner Bros. Pictures ini mendapat pujian dari sejumlah kritikus film kelas dunia.

Foto: repro movie.com

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
32o
Kurs