Selasa, 23 April 2024

Empat JCH Tertipu Cium Hajar Aswad

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Empat orang Jamaah Calon Haji (JCH) Indonesia tertipu joki yang mengaku mampu memperlancar upaya mencium Hajar Aswad dengan membayar 200 real.

“Empat JCH yang tertipu itu berasal dari Kediri, Medan, dan Solo,” kata H SUGIANTO Staf Kanwil Humas Depag Jatim kepada ANTARA Surabaya per-telepon dari Makkah, Rabu (05/12).

Staf Kanwil Depag Jatim yang saat ini bertugas di Tanah Suci itu mengatakan empat JCH yang tertipu adalah seorang JCH dari Kediri (Jawa Timur), seorang JCH Medan (Sumatera Utara), dan dua orang JCH Solo (Jawa Tengah).

“Mereka tertipu joki yang mengaku dapat membantu mencium hajar aswad dengan biaya 200 real, padahal mereka tetap gagal mencium hajar aswad dan kehilangan 200 real,” katanya.

Tentang kondisi cuaca, ia mengatakan kondisi Kota Makkah cerah dengan suhu 27 derajat, Jeddah 29 derajat, dan Madinah 23 derajat.

“Masjidil Haram juga sudah padat dengan jamaah, bahkan shof jemaah sampai halaman masjid,” katanya.

Hingga kini, katanya, JCH Indonesia yang meninggal dunia mencapai 17 orang yakni dua JCH meninggal dunia di Jeddah, dua JCH meninggal dunia di kota Makkah, dan 13 JCH meninggal dunia di Madinah.

Secara terpisah, H NUR YASIN SHIROTOL MUSTAKIM MA staf Humas PPIH Embarkasi Surabaya mengatakan, para sanak famili JCH tetap dapat memantau kondisi keluarganya di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES).

“Kendati JCH sudah masuk dan dikarantina di AHES, keluarga atau teman-temannya yang ingin bertemu atau sekedar titip doa akan tetap dapat menemui, asalkan pengunjung di luar pagar AHES,” katanya.

Menurut dia, ada beberapa tempat yang bisa digunakan bertemu, diantaranya pagar belakang dekat pintu masuk belakang AHES, kantin, pagar depan AHES.

“Caranya, JCH yang membawa HP tinggal kontak untuk janjian bertemu di tempat yang ditentukan bersama, tapi bagi JCH yang tak membawa HP bisa menelepon bagian informasi (siaran) AHES yang siap melayani 24 jam,” katanya.

Nomor-nomor informasi AHES telah ditempel dimana-mana, termasuk pintu depan dan pintu belakang, yakni 031-5924579, 5924578, 5947660, 5947688, 5945365, dan 5945159.

Hingga JCH kloter 58, jumlah JCH yang sudah berangkat ke Tanah Suci dari Embarkasi Surabaya adalah 25.594 orang dan 290 petugas, open seat 68 orang, dan cancel 148 orang.(ant/ipg)

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs