Sabtu, 20 April 2024

Jamaah Haji Lanjut Usia Banyak yang Kelelahan

Laporan oleh Sirojul Munir Anif Mubarok
Bagikan

Banyak jamaah haji yang lanjut usia dirawat di RS Zahid King Abdul Aziz dan BPHI Makkah karena mengalami kelelahan seusai mengalami perjalanan panjang dan umroh.

Berdasarkan dari laporan dari Ainul Yakin tim BPIH Kemenag di Makkah pada Radio Suara Surabaya, Jumat (19/9/2014), hingga saat ini banyak jamaah haji yang mengalami kelelahan dan dirawat di BPHI dan ada pula beberapa jamaah yang dirawat di RS Zahid King Abdul Aziz Mekkah.

Menurutnya jamaah dari Jeddah banyak yang dievakuasi ke BPHI Makkah untuk dirawat, karena kebanyakan jamaah haji yang usia 60-an tahun keaatas, dan terutama jamaah-jamaah gelombang kedua banyak yang mengalami kelelahan.

“Jadi banyak yang seusai melakukan umroh, kondisinya banyak yang ngedrop dan kehabisan stamina lalu di kirim ke BPHI. Karena banyak yang usianya 60-70an ke atas. Terutama jamaah dari gelombang dua, jadi mulai datang dari tanah air hingga melakukan umroh, mereka banyak yang mengalami kelelahan,” jelasnya.

Dia juga menambahkan hingga saat ini terpantau sudah ada 19 jamaah haji yang meninggal dunia di tanah suci, dan untuk wilayah Jawa Timur sendiri ada 2 jamaah yang meninggal dari embarkasi Surabaya.

Sedangkan untuk laporan cuaca, diperkirakan dalam beberapa hari ke depan cuaca di Tanah Suci akan semakin panas.

“Kemarin ada badai debu di sini, dan hari ini juga ada sesikit badai debu, hal itu menandakan dalam beberapa hari ke depan cuaca di Tanah Suci ini akan semakin panas. Untuk hari Jumat ini, cuaca di Tanah Suci sudah terpantau sekitar 42 derajat celcius,” ungkapnya.(nif/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs