Selasa, 21 Mei 2024

Seragam Jamaah Haji Indonesia Banyak Menarik Perhatian

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Ainul Yakin yang berada di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Mekkah mengatakan jamaah haji asal Indonesia yang turut memadati Masjidil Haram menarik perhatian jamaah dari negara lain. Hal ini karena seragam yang dikenakan nampak menonjol dengan adanya atribut tambahan seperti pita warna-warni, slayer dan identitas lain.

“Masjidil Haram hari ini terpantau mulai dipadati jamaah, termasuk dari Indonesia. Uniknya, jamaah Indonesia banyak menarik perhatian jamaah lain karena seragam yang dikenakan nampak mencolok. Ini jadi ciri khas tersendiri,” ungkapnya pada Radio Suara Surabaya, Sabtu (13/9/2014).

Menurutnya, ada juga sejumlah negara seperti Filipina dan Malaysia yang mengenakan atribut untuk para jamaahnya. Hanya, yang paling menarik perhatian adalah jamaah asal Indonesia. “Bahkan pakaian ikhram untuk laki-laki ada cetakan Tulisan INDONESIA yang ukurannya cukup besar,” tambahnya.

Selain itu, Alaudin juga mengabarkan karena pelebaran di Masjidil Haram, banyak jamaah yang tersesat karena lupa letak pintu keluar. “Kemarin saja ada tiga jamaah tersesat. Namun, Alhamdulillah sudah kembali ke kloternya masing-masing karena banyak tim pengamanan yang berjaga,” paparnya.

Total jumlah jamaah Indonesia yang berada di Arab Saudi saat ini sebanyak 65.409 orang dari 156 kloter. 33 Kloter di antaranya sudah berada di Makkah, termasuk kloter 1, 2, 3 dan 4 dari embarkasi Juanda Surabaya. (ain/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
28o
Kurs