Kamis, 16 Mei 2024

Calon Jamaah Haji Diberangkatkan, 31 Calon Jamaah Gagal Berangkat

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Petugas membantu calon jamaah haji (CJH) embarkasi Surabaya naik ke bus. Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Telah diberangkatkan 419 orang calon jamaah haji Embarkasi Surabaya dari Graha Bir-Ali Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Jumat (21/8/2015) 08.30 WIB.

Jamaah haji ini diberangkatkan oleh Soekarwo Gubernur Jatim serta sejumlah Anggota Komisi VIII DPR RI dan dijadwalkan berangkat ke Arab Saudi pada pukul 10.30 WIB.

Namun, masih ada sebanyak 31 orang jamaah haji kloter pertama Embarkasi Surabaya baik dari Surabaya maupun Magetan yang gagal berangkat ke Saudi Arabia. Mereka terkendala Visa yang belum diterbitkan oleh kedutaan besar Arab Saudi.

Mahfudh Shodar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jatim mengatakan, pemerintah masih terus mengupayakan penerbitan visa dengan Kedutaan Besar Arab Saud. Serta menjamin semua calon jamaah Jawa Timur bisa berangkat ke tanah suci.

Mahfud juga mengatakan dari total jumlah calon jamaah haji Jatim yaitu sebanyak 27.323 jamaah, masih ada lebih dari 6.400-an jamaah yang belum mendapatkan visa hingga Jumat (21/8/2015).

Sebagaimana telah dikatakan Mahfudh, calon jamaah haji yang belum mendapatkan visa akan ditampung sementara di Asrama Haji Sukolilo Surabaya untuk kemudian disusulkan berangkat pada kloter-kloter berikutnya.

Sementara itu, Soekarwo Gubernur Jatim mengatakan penyelenggaraan haji tahun ini lebih baik. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) tahun ini dinilai lebih bagus dalam hal koordinasi.

Selain itu karena telah ada daftar permasalahan yang terjadi pada penyelenggaraan ibadah haji sebelumnya maka solusi penyelesaian masalah akan menjadi lebih baik dan lebih cepat. (den/dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
33o
Kurs