Jumat, 26 April 2024

Kemenag Akan Cek Persiapan Wukuf

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Kementerian Agama sebagai Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) akan melakukan pemeriksaan persiapan wukuf di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina) dalam waktu dekat ini, mengingat pelaksanaan puncak ibadah haji tidak lama lagi.

“Kami akan cross check fasilitasnya nanti,” kata Abdul Djamil Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) di Makkah, Minggu (13/9/2015) waktu setempat, menanggapi pertanyaan tentang persiapan Armina.

Ia mengatakan telah mendapat informasi fasilitas Armina tahun ini akan diperbaiki oleh Muassasah Asia Tenggara. Fasilitas yang diperbaiki itu antara lain hambal atau karpet akan diganti lebih bagus, kemudian ada pendingin ruangan (AC) di dalam tenda untuk mengantispasi cuaca panas yang bisa menembus angka di atas 40 derajat Celcius pada saat wukuf di Arafah.

“Di Arafah kemahnya besar-besar, bila tidak ada pendingin terasa panas,” katanya seperti dilansir Antara.

Sebelumnya pada malam pertemuan antara Muassasah Asia Tenggara dengan PPIH Arab Saudi 1436H/2015M akhir Agustus, Muhammad Amin Hasan Indragiri Ketua Muassasah Asia Tenggara mengatakan telah sepakat dengan PPIH untuk melakukan peningkatan kualitas layanan pada saat Armina.

“Tahun ini kami membuat kontrak dengan Indonesia untuk ada AC di Arafah agar lebih nyaman,” ujar Muhammad Amin Hasan Indragiri.

Bahkan menurut A Dumyathi B Ketua PPIH Arab Saudi 1436H/2015, Muassasah membeli AC baru sebagai bagian investasi mereka sebagai bentuk komitmen perbaikan layanan tahun ini.

Muassasah adalah semacam asosiasi yang ditunjuk Pemerintah Arab Saudi untuk mengelola pelayanan haji terkait akomodasi mulai dari transportasi, katering, dan pemondokan. Operasional kerja Muassasah di lapangan dilakukan oleh sejumlah Maktab yang telah ditentukan. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs