Jumat, 26 April 2024

Setelah Wukuf, Menag Minta Petugas Haji Jangan Buru-buru Pulang

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan

Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama (Menag) meminta seluruh petugas haji fokus pada beberapa hari mendatang untuk membantu para jamaah haji Wukuf di Arafah.

“Puncak haji kita yang sesungguhnya dalah Wukuf di Arafah. Saya mengajak petugas untuk fokus di Arafah dan Mina,” katanya dalam Malam Taaruf di Makkah, Minggu (20/9/2015) seperti dilaporkan Agung Prabowo Suara Surabaya Media pada suarasurabaya.net.

Dia juga berpesan, agar para petugas menjaga stamina. Sebab, biasanya setelah Arafah dan Mina, semangat petugas turun, karena menganggap haji sudah selesai dan kecapean.

“Sesungguhnya tugas kita belum selesai meskipun Wukuf terlaksanakan. Tugas kita baru selesai kalau semua jamaah haji kita pulang di Tanah Air dengan selamat. Tetap semangat, kalau Wukuf selesai, jangan buru-buru pulang. Saya mendapat laporan ada yang mulai mengajukan diri pulang,” katanya.

Dia meminta jika tidak ada alasan prinsipil, agar petugas tetap meluruskan niat untuk melayani jamaah sampai pulang.

“Saya mohon tetaplah kembali pada nawaitu kita, fungsi dan tugas kita untuk melindungi, membina dan melayani jamaah kita sampai kembali ke Tanah Air,” katanya.

Lukman juga mengimbau, meskipun ada peningkatan karpet-karpet dan water cooler di tenda-tenda saat Wukuf nanti. Tapi, petugas tidak boleh lengah, karena suhu udara 52 derajad.

“Meski fasilitas sekarang yang belasan tahun tidak pernah kita dapati sekarang ada, tapi saya berharap tetap konsentrasi pada Arafah dan Mina,” katanya.(bid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs