Senin, 17 Juni 2024

Tingkatkan Layanan Kualitas, Pemerintah Saudi Gelar Survey Kepuasan Konsumen

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Pemerintah Arab Saudi menggelar survey kepuasan konsumen untuk meningkatkan layanan kualitas. Foto: Rudi Suara Surabaya

Pemerintah Arab Saudi menggelar survey kepuasan konsumen untuk meningkatkan layanan kualitas.

Rudi Suara Surabaya di Arab Saudi melaporkan, survey ini dilakukan, Minggu (27/8/2017) kemarin di beberapa maktab tempat calon jamaah haji (CJH) menginap.

Survey dilakukan oleh beberapa surveyor mahasiswi dari beberapa perguruan tinggi di kota Mekkah yang direkrut oleh pemerintah Arab Saudi.

Metode pengambilan data dilakukan dengan cara face to face interview dengan menggunakan alat bantu kuisioner digital di computer tablet masing-masing surveyor.

Sample yang mereka pilih diatur berdasarkan kuotakuota dimana setiap negara harus ada keterwakilan sample dan di setiap kelompok negara semua kategori usia dan jenis kelamin harus memiliki keterwakilan secara proporsional.

Untuk mengisi jawaban pertanyaan kuisioner, CJH yang menjadi responden tinggal menyentuh tablet yang berisi jawaban berupa skala linkert satu sampai lima. Skala linkert ini menunjukkan tingkat kepuasan pelayanan yang diberikan oleh kementrian haji. Nilai terendah adalah 1, jika responden merasa sangat tidak puas dengan pelayanan yang diberikan dan sebaliknya 5 jika responden merasa sangat puas.Semua jawaban yang disampaikan responden, akan secara otomatis terkirim ke server untuk kemudian dianalisa.

Metari kuesioner yang ditanyakan sangat lengkap. Berisi kurang lebih 20-25 pertanyaan, meliputi semua proses layanan dari proses kedatangan, penyambutan, transportasi, tempat transit, pemondokan, catering dan sebagainya.

Survey ini dimaksudkan oleh kementrian haji Arab Saudi untuk perbaikan peningkatan layanan haji di tahun-tahun berikutnya. (rud/dwi)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
31o
Kurs