Jumat, 26 April 2024

Visa JCH Indonesia Gelombang Pertama Sudah Siap 100 Persen

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Ilustrasi.

Lukman Hakim Saifudin, Menteri Agama mengatakan visa untuk Jamaah Calon Haji (JCH) Indonesia gelombang satu, seluruhnya sudah selesai sejak dua hari lalu.

Menurut rencana JCH Indonesia gelombang satu, akan diberangkatkan mulai 28 juli 2017, melalui 10 embarkasi, menuju Madinah.

Sekarang, Kementrian Agama berkonsentrasi untuk menyelesaikan visa JCH gelombang dua. Diharapkan pada musim haji tahun ini, tidak ada lagi jamaah yang tertunda keberangkatannya atau terpisah dengan keluarga karena visa terlambat.

Menteri Agama mengatakan, fasilitas untuk mempermudah jamaah beraktifitas selama di tanah suci, juga dikatakan tidak ada masalah.

“Tempat pemondokan, catering, bus, petugas jamaah haji, seluruhnya juga sudah siap,” kata Menteri Agama, Senin (24/7/2017).

Bagi jamaah yang memperoleh giliran berangkat pada musim haji tahun 2017, diminta menyiapkan diri dengan baik terutama dalam menjaga kesehatan.

Kepada umat muslim lainnya yang belum mendapat giliran berangkat, Menteri Agama diingatkan supaya bersabar, jangan sampai tergoda rayuan orang-orang yang menjanjikan berangkat melalui jalan pintas di luar kloter.

Belajar dari pengalaman tahun lalu, jamaah yang berangkat di luar presedur pemerintah, banyak yang mengalami kesulitan. Bahkan, ada yang harus berurusan dengan polisi negara lain.

Contohnya jamaah Indonesia yang diberangkatkan melalui Philipina dengan memalsukan data imigarsi.

“Karena ke tanah suci untuk memenuhi panggilan Allah, semuanya harus disiapkan dengan baik, jangan menggunakan segala cara asal bisa berangkat, karena akan mempersulit diri sendiri,” pesan Menteri Agama. (Jos/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs