Sabtu, 20 April 2024

Menag Kunjungi Dapur Penyedia Katering Pastikan Makanan Jamaah Haji Aman

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Menag melihat proses peracikan bumbu di dapur salah satu penyedia katering di kawasan Sharayya, Makkah, Senin (13/8/2018) sore. Foto: kemenag.go.id

Katering merupakan salah satu aspek penting dalam penyelenggaraan ibadah haji. Pemerintah memiliki tanggung jawab guna memastikan hidangan kepada seluruh jemaah tetap berkualitas.

Hari ketiga berada di Tanah Suci, Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama mengunjungi dua dapur penyedia katering. Lokasi pertama yang dikunjungi Menag dan rombongan adalah Global Tastes yang berada di kawasan Jabal Nur, Makkah. Sementara Nobles Tastes yang terletak di Sharayya, Makkah, menjadi lokasi kedua yang dipilih.

Dalam pengamatan Menag dilansir dari laman kemenag.go.id, kedua penyedia katering tersebut tidak mengalami kendala berarti.

“Alhamdulillah, juru masak kedua katering tidak menemui kendala dengan daftar menu yang kita berikan,” ujar Menag, Senin (13/8/2018) sore waktu Saudi.

Menang juga memastikan bahwa sisi distribusi katering juga diupayakan tidak terlambat.

“Kalau sampai terlambat, bagi jemaah implikasinya serius,” tandas Menag didampingi Nizar Ali Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah dan jajaran eselon II Kemenag lainnya.

Ditambahkan, mengingat jemaah kini tinggal di hotel berbintang jadi tidak bisa sekenanya memasak sendiri. “Jemaah tidak boleh sembarang memasak di dalam kamar, juga saat ini relatif tidak ada penjual makanan kaki lima seperti dulu karena memang dilarang Pemerintah Saudi,” urai Menag.

Di sisi lain, Menag juga menjelaskan bahwa di setiap hotel ditempatkan petugas khusus untuk mencoba makanan secara acak.

“Para petugas ini mempunyai kemampuan dasar untuk menguji makanan itu basi atau tidak,” sambung Menag lagi.

Nantinya, katering jamaah haji akan dilakukan evaluasi menyeluruh dengan melibatkan petugas dan sejumlah perwakilan penyedia katering yang dikontrak. Mengenai hal itu, Menag mengaku tidak akan mentolerir perusahaan katering yang wanprestasi.

“Mereka yang tidak tepat waktu mendistribusikan makanan atau menyajikan sudah basi kita coret, dialihkan ke perusahaan lain,” pungkasnya.(tin/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs