Jumat, 29 Maret 2024

34 Jamaah Haji Asal Debarkasi Surabaya Meninggal di Tanah Suci

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Sebanyak 37. 642 Jamaah Calon Haji (JCH) dari 85 kloter telah diberangkatkan ke tanah suci dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Sebanyak 34 jamaah yang terdata berasal dari Debarkasi Surabaya meninggal dunia selama proses menjalankan ibadah haji di Tanah Suci, menurut catatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) setempat.

Muhammad Budi Hidayat Kepala Bidang Kesehatan PPIH Debarkasi Surabaya memastikan jumlah jamaah yang meninggal dunia di Tanah Suci tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan dengan penyelenggaraan ibadah haji tahun lalu.

“Jumlah 34 jamaah dari keseluruhan kloter di Debarkasi Surabaya yang dilaporkan meninggal dunia itu terdata sampai hari ini. Mudah-mudahan tidak bertambah lagi,” katanya kepada wartawan di sela penyambutan kedatangan jamaah haji kelompok terbang (Kloter) 1 di Asrama Haji Debarkasi Surabaya, Minggu (18/8/2019).

Selain itu, dia mengungkapkan, terdapat seorang haji asal Magetan, Jawa Timur, yang seharusnya hari ini tiba di Tanah Air bersama rombongan Kloter 1 Debarkasi Surabaya, masih dirawat di salah satu rumah sakit Arab Saudi karena sakit yang dinyatakan berisiko tinggi.

“Penyakitnya gangguan pembuluh darah di otak. Kepulangannya tertunda karena harus mendapat perawatan medis. Nanti kalau sudah dinyatakan pulih bisa menyusul pulang ke Tanah Air bersama kloter yang lain,” ujarnya dilansir Antara.

PPIH Surabaya memulai proses debarkasi hari ini, yang diawali dengan kedatangan kloter 1, 2 dan 3. Selanjutnya akan tiba secara bergelombang setiap hari tiga kloter, dengan masing-masing kloter terdiri dari rombongan yang berjumlah 450 orang, hingga terakhir kloter 85 dijadwalkan tiba pada tanggal 15 September mendatang.

Seluruhnya terhitung mulai kloter 1 hingga terakhir 85, PPIH Surabaya melayani proses debarkasi berjumlah 38.150 orang yang berasal dari Provinsi Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Timur. Terbanyak dari Jawa Timur berjumlah 35.076 orang, serta dari Bali 1.054 orang dan Nusa Tenggara Timur 965 orang.(ant/tin/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs