Sabtu, 4 Mei 2024

Cegah Penyebaran Hepatitis A, PPIH Cek Kesehatan JCH Asal Pacitan

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya menggelar uji pemeriksaan klinis kepada 197 Jamaah Calon Haji (JCH) dari Kabupaten Pacitan. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya menggelar uji pemeriksaan klinis kepada 197 Jamaah Calon Haji (JCH) dari Kabupaten Pacitan di Hall Zaitun, Asrama Haji Surabaya pada Sabtu (6/7/2019).

Hal ini mengantisipasi penyebaran penyakit Hepatitis A yang saat ini menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) di Pacitan. Dr. Muhammad Budi Hidayat Kepala Bidang Kesehatan Embakasi menjelaskan, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mencegah risiko penularan penyakit hepatitis A.

“Melalui pemeriksaan dengan menggunakan Rapid Diagnostic Test (RDT) akan diketahui hasilnya setengah jam kemudian,” tutur dr. Budi pada Sabtu (6/7/2019).

Ia menambahkan, jika ada jamaah yang diketahui mengidap penyakit hepatitis A, maka jamaah tersebut akan dirujuk dulu di rumah sakit untuk diobati, hingga dinyatakan sehat. Setelahnya, jamaah bersangkutan dapat melanjutkan keberangkatannya ke tanah suci.

Seperti diketahui, jemaah asal Pacitan yang datang hari ini tergabung dalam kloter 4 bersama jemaah asal Madiun dan Surabaya. Mereka dijadwalkan akah berangkat ke tanah suci pada hari Minggu (7/7/2019) pukul 12.00 WIB. (bas/ang/bid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs