Senin, 30 Maret 2020

KKP Beri Penyuluhan Pada Pengelola Makanan Calon Jamaah Haji di Surabaya

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya menggelar penyuluhan pada puluhan petugas pengelola makanan di Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada Kamis (4/7/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya menggelar penyuluhan pada puluhan petugas pengelola makanan di Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada Kamis (4/7/2019).

Mulyo Arianto Kepala Bidang Pengendalian Resiko Lingkungan mengatakan, penyuluhan ini dilakukan agar semua petugas pengelola makanan memahami cara mengolah makanan yang baik. Seperti diketahui, jamaah haji kloter pertama akan tiba di Asrama Haji Surabaya pada Jumat (5/7/2019) mendatang.

“Ingat loh, mengelola makanan yang baik dimulai dari diri sendiri. Kita ini sumber penyakit loh. Kuku bisa menyimpan penyakit, rambut, ya kan. Makanya pada saat melakukan masak di dapur, pakai topi, celemek. Kan gitu,” ujar Mulyo pada Kamis (4/7/2019).

Tak hanya melakukan penyuluhan, pihak kantor kesehatan juga akan secara rutin melakukan pengawasan pada proses pengolahan dan penyajian makanan kepada calon jamaah haji.

Selain itu, kesehatan para petugas pengelola makanan juga akan dicek berkala. Mulyo menyebut, jika ada petugas yang sakit, maka yang bersangkutan akan dikarantina terlebih dahulu. Hal ini menghindari adanya penyebaran penyakit kepada para calon jamaah haji.

Mulyo menegaskan, kebersihan makanan dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti tempat, petugas, air, dan bahan makanan. Pihaknya memastikan akan mengecek dan mengawasi semua hal tersebut agar tidak ada kendala pada calon jamaah haji yang menginap di Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

Sebelumnya, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Surabaya juga telah melakukan pengasapan atau fogging di semua area asrama haji pada Rabu (3/7/2019) untuk menghindari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. (bas/dwi/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Truk Terguling di Karang Pilang

Biasanya Berjubel, Kini Sunyi

Surabaya
Senin, 30 Maret 2020
28o
Kurs