Jumat, 29 Maret 2024

PPIH Berharap Pemberangkatan JCH Kloter Terakhir Berjalan Lancar

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Jamal Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Jatim saat di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Senin (5/8/2019). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya bersiap menuntaskan pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) hingga kloter 85 atau kloter terakhir.

Jamal Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Jatim mengatakan, sampai saat ini sudah 38.150 jemaah calon haji mulai Kloter 1 hingga Kloter 83, yang telah berangkat ke Tanah Suci dengan lancar.

Jamal berharap pemberangkatan jemaah Kloter 84 Senin (5/8/2019) malam ini dan Kloter 85 Selasa (6/8/2019) pukul 01.00 WIB dini hari, bisa berjalan lancar.

Dari data evaluasi PPIH Embarkasi Surabaya, kata Jamal, sampai saat ini jumlah jemaah calon haji yang meninggal 9 jemaah, baik dalam gelombang pertama yang di Madinah maupun gelombang kedua di Mekkah,

“Ada yang meninggal 9 jemaah. Mudah-mudahan tidak ada yang bertambah sampai saat ini, doakan ya,” katanya di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Senin (5/8/2019).

Jamal memastikan, tidak ada jemaah yang tunda berangkat. Kecuali dua jemaah yang mengalami dimensia yang telah dipulangkan ke keluarganya. Karena secara hukum syariat atau fiqih, orang dengan dimensia sudah tidak wajib lagi menunaikan rukun Islam ke 5 ini.

“Ada 2 jemaah dimensia tidak berangkat, karena tidak wajib haji, dari segi fiqih tidak wajib karena ingatannya sudah tidak baik,” katanya. (bid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs