Selasa, 14 Mei 2024
Asian Games 2018

LRT Palembang Proyek Tercepat di Dunia

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Masyarakat menikmati perjalanan dengan Light Rail Transit (LRT) atau Kereta Api Ringan di Palembang, Sumsel. Foto: Antara

Pembangunan Light Rail Transit (LRT) atau kereta api ringan dalam kota di Kota Palembang, Sumatera Selatan, sepanjang 25 kilometer merupakan proyek tercepat di dunia. Ini dikatakan oleh Alex Noerdin Gubernur Sumatera Selatan.

Dia menjelaskan, proyek LRT Palembang senilai Rp10,9 triliun tersebut mulai dibangun pada Oktober 2015 dan selesai pada Juli 2018.

“Pembangunan LRT di Palembang untuk menunjang kegiatan Asian Games XVIII merupakan tercepat di dunia, karena kurang dari tiga tahun sudah beroperasi,” kata Alex Noerdin seperti dilansir Antara, Kamis (9/8/2018).

Moda transportasi umum modern tersebut saat ini sudah beroperasi dari pagi hingga malam untuk melayani masyarakat dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang ke kawasan Jakabaring yang akan menjadi pusat pertandingan olahraga Asian Games.

Dalam pengoperasian tahap awal ini, disediakan delapan rangkaian kereta (train set) yang masing-masing rangkaian memiliki kapasitas angkut 500 orang

Menurut dia, minat masyarakat memanfaatkan LRT cukup tinggi, sejak dimulainya pengoperasian LRT 23 Juli 2018 hingga kini sekitar 30 ribu orang telah memanfaatkan pelayanan jasa angkutan umum pertama di Indonesia itu.

Dalam tahap awal pengoperasian LRT ini, pemerintah memberikan subsidi, berupa tarif perintis untuk tiket LRT senilai Rp5.000 antarstasiun dan Rp10.000 dari Bandara SMB II ke Jakabaring.

“LRT tersebut diharapkan dapat mengurangi kemacetan arus lalu lintas di jalan protokol dan memudahkan masyarakat Kota Palembang dalam melakukan berbagai aktivitas,” ujar Alex Noerdin. (ant/bas/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
27o
Kurs