Sabtu, 20 April 2024

Fungsi dan Cara Cek Nomor IMEI Ponsel

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
ilustrasi. Foto: Shutterstock

Pemerintah dalam waktu dekat akan mengesahkan regulasi tentang IMEI agar ponsel black market atau ilegal tidak lagi beredar di Indonesia

Tapi, masih ada pengguna ponsel yang belum memahami nomor IMEI dan apa fungsinya untuk ponsel yang dipakai sehari-hari.

Nomor atau kode IMEI ada di setiap ponsel merk apa pun, buatan lokal maupun impor, ponsel murah hingga yang paling mahal.

International Mobile Equipment Identity adalah kode unik dari setiap perangkat ponsel yang berlaku secara internasional. Laman resmi Samsung menuliskan berkat nomor IMEI, setiap ponsel memiliki identitas dan tidak sama dengan unit lainnya, seperti dilansir Antara.

Kode IMEI terdiri dari 14 hingga 16 digit. Nomor IMEI ini bukan semata untuk keperluan dagang, dan untuk mengetahui tipe ponsel, tapi, juga untuk keamanan ponsel yang dipakai.

Ketika ponsel dicuri, pengguna bisa melaporkan kode IMEI ke operator seluler sehingga bukan hanya nomor yang diblokir, tapi, pencuri juga tidak bisa menggunakan ponsel tersebut.

Pengguna juga bisa melaporkan nomor IMEI ponsel yang dicuri ke kepolisian untuk dilacak.

Menurut Samsung, IMEI seringkali disalahgunakan oleh pelaku kriminal, misalnya mengganti nomor IMEI yang sudah terblokir dengan IMEI yang masih aktif agar ponsel tetap bisa dipakai.

Untuk itu, Samsung menyarankan pemilik ponsel agar tidak menyebarkan nomor IMEI mereka.

Cara cek nomor IMEI

Sejumlah vendor ponsel menempelkan stiker berisi nomor IMEI di bodi belakang ponsel. Demi alasan keamanan, pindahkan stiker tersebut ke kardus ponsel bagian dalam agar stiker berisi nomor IMEI tidak pudar jika ponsel digunakan sehari-hari.

Jika tidak menempel di bodi ponsel, IMEI bisa ditemukan di kardus ponsel bagian luar, biasanya dekat dengan informasi tipe dan warna ponsel.

Tapi, tidak perlu khawatir jika kardus ponsel hilang, pengguna masih bisa mengecek nomor IMEI melalui ponsel.

Android
​​​​​​​
Ada dua cara mengecek nomor IMEI di ponsel Android, yaitu melalui Setting atau melalui keypad.

Di Setting, ketuk “About Phone” dan temukan nomor IMEI ponsel di dalam menu tersebut. Bergantung pada merk ponsel, ada kalanya pengguna harus masuk ke sub-menu untuk mendapati nomor IMEI.

Nomor IMEI juga dapat dicek dengan mengetik *#06# dan ketuk tombol menelepon.

iOS
​​​​​​​
Sama seperti Androi, nomor IMEI di iPhone juga bisa diketahui melalui menu Setting kemudian pilih General dan About, berisi informasi seputar ponsel.

IMEI juga bisa diketahui dengan menelepon ke *#06#.

Cek status IMEI
​​​​​​​
Kementerian Perindustrian membuat situs untuk mengecek status IMEI nomor ponsel melalui kemenperin.go.id/imei, saat berita ini dibuat, laman tersebut belum bisa diakses karena masih dikembangkan. (ant/dwi/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
26o
Kurs