Kamis, 25 April 2024

Bantu Tenaga Medis, Robot Spero Dihadirkan UK Petra

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Uji coba Robot Spero karya tim dosen UK Petra Surabaya bantu tenaga medis tangani epidemi dan pandemi. Foto: Humas UK Petra

Tim dosen Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya ciptakan robot yang diberi nama Spero (Support for Pandemic and Epidemic Robot), membantu tenaga medis menangani pandemi dan epidemi.

Dr. Ing. Indar Sugiarto, S.T., M.Sc., Ketua tim Spero menyampaikan bahwa satu diantara keunikan dari Robot Spero karya tim dosen UK Petra Surabaya tersebut pada fasilitas open source sehingga siapapun bisa mengembangkan dan menambah file-file baru dan diharapkan akan muncul inovasi baru.

“Keunikan utama Spero terletak pada sifatnya yang open source, sehingga semua file terkait robot akan dibuka untuk umum secara gratis. Mulai dari desain mekanik robot, kode program robot dan lain-lain. Artinya, siapapun tinggal mengembangkannya saja. Sehingga diharapkan muncul inovasi-inovasi baru dalam dunia ilmu pengetahuan untuk membantu kesejahteraan hidup manusia,” terang Dr. Ing. Indar Sugiarto, S.T., M.Sc., Ketua tim Spero sekaligus dosen Prodi Teknik Elektro UK Petra.

Secara umum, robot ini berfungsi untuk membawa obat atau makanan pada pasien, sehingga dapat mengurangi interaksi langsung antara perawat dan pasien. Perawat dapat mengoperasikan robot ini dari jarak jauh via internet. Robot ini juga dapat memfasilitasi komunikasi jarak jauh (video conference) antara pasien dan tenaga medis.

Spero dirancang agar mobile base yang artinya dapat terpisah dengan mekanik bagian atas, supaya robot dapat digunakan untuk tujuan lain. Misalnya, dengan mengganti rak atas dengan bagian yang relevan.

Tidak hanya itu saja, robot ini dapat digunakan sebagai guide robot di museum, ataupun telepresence robot pada wisuda online. Spero juga memiliki mekanisme charging yang mudah, dengan menancapkan colokan pada lighter socket, untuk meminimalisir kontak antara robot dengan operator.

Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., Rektor Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, menanggapi launching Robot Spero ini merupakan kepedulian dan sumbangsih serta kontribusi Universitas Kristen Petra Surabaya menekan penyebaran Covid-19.

“Robot ini menjadi kontribusi dari UK Petra untuk dunia kesehatan, akan dilanjutkan dengan robot dengan fungsi yang lain agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan,” papar Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., Rektor Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya.

Tim Spero ini terdiri dari lima dosen dan tiga laboran program studi Teknik Elektro dan Teknik Mesin UK Petra. Mereka memproduksi robot ini dalam waktu dua bulan.

“Lebih lama daripada yang direncanakan sebab sulitnya koordinasi kerja di tengah masa pandemi Covid-19 dan beberapa komponen sulit didapatkan. Puji Tuhan semua dapat dilalui berkat support dari Fakultas Teknologi Industri dan Lembaga Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UK Petra,” kata Handy Wicaksono, S.T., M.T. Ph.D., dosen prodi Teknik Elektro yang juga Sekretaris Tim Spero.

Sebelum diserahkan pada Rumah Sakit Royal, Surabaya robot Spero ini telah mengalami masa uji coba terlebih dahulu.

“Sangat senang dan antusias sekali Rumah Sakit Royal mendapatkan alat bantu seperti ini. Sebab ini meringankan kinerja tim medis dengan meminimalisir interaksi langsung antara perawat atau dokter kami dengan pasien Corona atau Covid-19,” terang Drg. Henny Poeri Margastuti, MARS., Direktur Rumah Sakit Royal di Surabaya

Robot Spero karya tim dosen Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya yang dilaunching Jumat (26/6/2020) dan langsung diserahkan kepada Rumah Sakit Royal Surabaya.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs