Kamis, 28 Maret 2024

Bug di Instagram Tunjukkan Kamera Aktif Bahkan Saat Tidak Digunakan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto : Pixabay

Dalam mode beta iOS 14 terbaru beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka melihat indikator “kamera menyala” saat menggunakan Instagram ketika mereka hanya sedang melihat-lihat unggahan, tidak sedang mengambil foto atau video.

Juru bicara Instagram mengatakan bahwa hal tersebut adalah bug atau kesalahan perangkat lunak, dan sedang memperbaikinya.

“Kami hanya mengakses kamera Anda ketika Anda memberi tahu kami — misalnya, ketika Anda menggeser dari Feed ke Kamera. Kami menemukan dan sedang memperbaiki bug di iOS 14 Beta yang secara keliru menunjukkan bahwa beberapa orang menggunakan kamera padahal mereka tidak melakukannya,” kata juru bicara tersebut seperti dikutip Antara dari The Verge, Minggu(26/7/2020).

“Kami tidak mengakses kamera Anda dalam hal itu, dan tidak ada konten yang direkam,” dia menambahkan.

Masalah ini tampaknya merupakan persoalan baru di iOS 14. Sebelumnya, pengguna juga diingatkan soal perilaku sejumlah aplikasi yang menyalin clipboard. Beberapa aplikasi iOS, termasuk TikTok, LinkedIn dan Reddit, ditemukan mengakses konten clipboard pengguna yang diketahui karena notifikasi yang muncul.

Perusahaan induk TikTok, ByteDance, yang berbasis di Beijing, awal tahun ini telah mengatakan bahwa mereka berencana untuk berhenti mengakses clipboard.

TikTok kepada The Verge bulan lalu mengatakan telah mengirimkan pembaruan ke App Store untuk menghapus fitur, yang disebut sebagai tindakan “anti-spam.” TikTok mengatakan fitur tersebut tidak pernah ada di perangkat Android.

Sementara, LinkedIn mengatakan telah menghentikan praktik penyalinan clipboard, dan Reddit mengatakan sedang memperbaiki bug yang menyebabkan perilaku tersebut dalam aplikasinya.

Perusahaan induk Instagram, Facebook, tahun lalu juga pernah memperbaiki bug di aplikasi iOS-nya yang tampaknya mengaktifkan kamera pada perangkat di latar belakang aplikasi tanpa sepengetahuan pengguna.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs