Sabtu, 15 Juni 2024

Seniman Muda Pamer Karya Lewat Instagram untuk Lawan Covid-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu di antara lukisan yang dipamerkan PSMS melalui kanal Instagram, sebagai bentuk perlawanan pada Covid-19. Foto: PSMS

Puluhan lukisan karya seniman muda dipamerkan lewat Instagram Paguyuban Sedikit Masyarakat Seni (PSMS) Surabaya, Sabtu (4/4/2020) sebagai bentuk perlawanan terhadap pandemi Covid-19.

Sujud Sukur pendiri PSMS mengatkan bahwa berkarya dan berpameran adalah bagian dari pertanggungjawaban para seniman muda pada masyarakat sekaligus pilihan profesi yang sudah digeluti.

“Kami tidak ingin karena pandemi Covid-19 saat ini menghentikan perjalanan kreativitas dan kekaryaan kami. Karena itu pada pameran kali ini kami pilih menggunakan Instagram sebagai media ruang pamer kami,” kata Sujud, Sabtu (4/4/2020).

Larangan pemerintah untuk tidak berkumpul, dan menjalankan social distancing maupun physical distancing, lanjut Sujud memang sempat membuat para seniman muda yang sudah bersiap-siap menampilkan karyanya, berpikir keras bagaimana memamerkannya.

“Berkarya dan berpameran wajib kami lakukan. Ini pertanggungjawaban pada masyarakat juga. Dan saat Covid-19, ruang pameran dan pameran sendiri pasti mendatangkan orang, ini kan tidak boleh. Dan kemudian kami berpikir untuk berpameran secara virtual lewat IG,” kata Sujud.

Pameran lewat satu diantara kanal media sosial yang banyak dipilih masyarakat khususnya para milenial ini, diberi judul: Defuse, dan mulai dipamerkan lewat Instagram @psms-sub, Sabtu (4/4/2020).

“Paguyuban Sedikit Masyarakat Seni (PSMS) secara khusus kami pilih sebagai ruang pameran, yang menampilkan karya kawan-kawan seniman pada pameran berjudul: Defuse. Masyarakat silahkan memberikan apresiasinya dengan membuka @psms_sub di Instagram,” pungkas Sujud.(tok/iss)

 

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 15 Juni 2024
30o
Kurs