Kamis, 25 April 2024

ITS dan Toyota Garap Mobil Listrik

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Perwakilan PT Toyota bersama Rektor ITS usai penandatanganan MoU. Foto: Humas ITS

ITS bekerjasama dengan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, bakal garap konversi mobil listrik.

Bekerja sama dengan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), ITS bakal mengerjakan konversi mobil listrik seperti dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kedua belah pihak.

Yui Hastoro Sapardyanto Direktur Bidang Purchasing, Product Business Management, Engineering Management, Quality Assurance, Technical Government Affairs, and Internal Audit PT TMMIN, menyampaikan bahwa dalam kerja sama ini ITS mendapatkan satu unit mobil konvensional dari Toyota yang diharapkan bisa dikonversi menjadi mobil listrik.

Ditargetkan selesai pada bulan Oktober mendatang, Yui menambahkan jika setidaknya mobil tersebut bisa melaju sampai dengan kecepatan 120 kilometer per jam dengan menggunakan motor berdaya 30 kilowatt. “Hal tersebut juga sesuai dengan arah kebijakan pemerintah yang mendorong penggunaan mobil listrik,” terang Yui.

Selain akan mengurangi polusi udara di perkotaan, kata Yui, proses konversi mobil listrik ini juga akan menciptakan model bisnis baru di masa yang akan datang.

Pasalnya, masyarakat yang telah memiliki mobil konvensional sebelumnya tidak perlu lagi membeli mobil listrik baru. “Tinggal bawa saja ke bengkel resmi untuk dikonversi menjadi mobil listrik,” ujar Yui.

Semakin tingginya angka penggunaan mobil di Indonesia saat ini, lanjut Yui, juga menjadi satu diantara peluang yang besar untuk proyek konversi mobil listrik ke depannya. Yui menyatakan, jika konversi mobil listrik seperti ini sebetulnya telah banyak dilakukan di beberapa negara lain.

Sementara itu, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng., Rektor ITS mengatakan bahwa pihaknya yakin ITS dapat menyelesaikan proyek besar ini.

Selama ini, menurut Ashari, ITS juga memiliki banyak inovasi dan riset dalam kendaraan listrik, salah satunya adalah sepeda motor listrik gesit yang telah berhasil dikomersialkan.

Lelaki yang akrab disapa Ashari ini mengungkapkan, sebetulnya dalam proses konversinya tidak membutuhkan waktu yang panjang, tetapi diperlukan waktu yang lama dalam proses pengujiannya. Satu diantaranya, pengujian jalan sejauh 10.000 kilometer yang akan memerlukan banyak waktu dan tenaga.

Ashari yang juga Guru besar Teknik Elektro ITS mengharapkan, ITS bisa menyelesaikan tantangan ini dengan maksimal dan tepat pada waktunya. “Semoga ke depannya bisa diterapkan langsung kepada masyarakat luas,” tegas Ashari, Selasa (25/2/2020).(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs