Kamis, 28 Maret 2024

Rancang Sistem Kandang Terintegrasi Internet, Bantu Peternak Ayam Broiler

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Inovasi kandang ayam broiler terintegrasi internet dibuat dua mahasiswa ITS. Foto: Humas ITS

Dua mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) buat inovasi rancang bangun sistem kandang Ayam Broiler terintegrasi dengan Internet of Things (IoT), bantu peternak Ayam Broiler.

Mereka adalah Faiq Sina Alfain dan Fikri Azrur Arif Maulana, yang merupakan mahasiswa Departemen Teknik Mesin Industri, Fakultas Vokasi ITS, menuliskan inovasi itu dalam bentuk esai.

Faiq Sina Alfain, ketua tim menyampaikan bahwa tingginya tingkat konsumsi Ayam Broiler di Indonesia membuat peternak kewalahan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Hal ini dikarenakan, peternak masih melakukan pemberian makan dan minum secara manual. “Banyak peternak yang kurang mengetahui tentang perkembangan teknologi, khususnya di bidang industri peternakan,” terang Faiq Sina Alfain.

Mahasiswa angkatan 2018 ini melanjutkan, alasan lain yang menjadi latar belakang ide ini muncul di antaranya adalah peternak yang harus mengeluarkan biaya lebih untuk menyewa pekerja.

Ini dilakukan membantu kebutuhan kandang seperti menyalakan lampu penghangat, kipas pendingin, dan menutup kandang saat turun hujan. Hal tersebut terjadi dikarenakan peternak di Indonesia dinilai masih banyak menggunakan sistem kandang tipe open house.

Sina sapaan Faiq Sina Alfain menambahkan bahwa untuk membantu mengatasi masalah tersebut, ia bersama temannya merancang sebuah teknologi di bidang peternakan. Ide mereka ditulis dalam sebuah essay berjudul SCH.id: Rancang Bangun Sistem Kandang Cerdas Terintegrasi Internet of Things (IoT) untuk Peternakan Ayam Broiler Open House Guna Mewujudkan Revolusi Industri 4.0 dalam Menyongsong SDGs 2030.

Sina menjelaskan bahwa SCH.id adalah sistem yang dapat merekayasa suhu kandang ayam tipe open house. Proses perancangan sistem SCH.id ini dilakukan dengan menggabungkan komponen-komponen elektronik seperti mikrokontroler, NodeMCU, solenoid valve, Real Time Clock (RTC), relay, motor servo dan sensor suhu. “Komponen-komponen tersebut digabungkan menjadi satu bagian,” papar Sina.

Proses kerja dari sistem SCH.id ini, papar mahasiswa asal Lamongan ini adalah dengan menyambungkan aplikasi sebagai pengendali utama pada sistem dengan bantuan jaringan Wi-Fi.

Setelah tersambung, sensor suhu akan mengirimkan data pada aplikasi kepada pengguna untuk mengontrol suhu kandang, memberi makan dan minum sesuai jadwal, serta menutup kandang saat turun hujan.

Sistem kandang cerdas ini, menurut Sina dinilai efektif karena mampu merekayasa kandang Ayam Broiler open house menjadi kandang yang mudah untuk dimonitoring. Oleh karena itu, dengan sistem tersebut produktivitas komoditas Ayam Broiler akan meningkat walaupun menggunakan sistem kandang open house.

Melalui idenya tersebut, mereka telah berhasil meraih juara kedua dalam Fosmapet Essay Competition 2020. Perlombaan yang diadakan pada pertengahan Agustus 2020 lalu itu membuat tim Sina sukses mengalahkan kurang lebih 138 peserta dari seluruh Indonesia.

Sina berharap, rancangan inovasi buatan timnya ini dapat dikembangkan. Tidak hanya itu, ia juga ingin sistem kandang open house cerdas ini bisa diterapkan oleh semua peternak di Indonesia. “Dengan begitu, peternak dapat meningkatkan produktivitas komoditas ayam broiler dengan menekan biaya operasional perawatan yang lebih rendah,” pungkas Sina.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs