Senin, 27 September 2021

Simak Cara Menggunakan Set Top Box dan Menonton Siaran Televisi Digital

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi menonton televisi Foto: Pixabay

Sebentar lagi, beberapa daerah di Indonesia akan atau bahkan sudah bisa menikmati siaran televisi digital.

Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika membagikan cara menonton siaran televisi digital.

“Program siaran akan lebih banyak dan bervariasi. Kesempatan masyarakat untuk menikmati siaran televisi yang berkualitas,” kata Mulyadi Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kominfo seperti yang dilansir  Antara, Sabtu (24/7/2021).

Untuk menonton siaran televisi digital di rumah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan lokasi sudah mendapatkan siaran digital.

Untuk mengecek lokasi mana saja yang sudah bisa mendapatkan siaran digital, masyarakat bisa mengunjungi situs resmi Siaran Digital Indonesia dari Kominfo atau melalui aplikasi SIRANI.

Setelah memastikan lokasi sudah mendapatkan siaran televisi digital, periksa perangkat televisi apakah sudah bisa menangkap siaran televisi digital.

Televisi yang tipis dan berlayar datar belum tentu bisa menangkap siaran digital. Untuk itu, bisa dilihat melalui fitur setelan di masing-masing televisi, apakah perangkat memiliki opsi analog televisi dan digital televisi.

Jika ada keduanya, maka perangkat sudah bisa menangkap siaran televisi digital. Salah satu cirinya ialah perangkat televisi digital ditandai dengan teknologi DVB T2.

Jika perangkat televisi masih model lama, misalnya TV tabung yang berlayar cembung, artinya perangkat tersebut masih analog. Sehingga masyarakat perlu memasang alat penunjang yaitu set top box, jika belum bisa membeli perangkat televisi digital.

Set top box ini nantinya dipasang di antara antena dan pesawat televisi. Antena yang lama masih bisa digunakan sehingga tidak perlu membeli antena baru, jika belum rusak, untuk menonton siaran televisi digital.

Cara memasang set top box pun cukup mudah, yaitu dengan menyambungkan kabel HDMI atau kabel RCA.

Agar tidak salah membeli, cek situs Siaran Digital Indonesia untuk melihat spesifikasi dan merk set top box yang sudah memenuhi standar Kominfo yang biasanya ditandai dengan stiker “Siap Digital”.(ant/frh/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Mobil Terperosok di depan RSAL dr Ramelan A.Yani

Antre Vaksin di T2 Juanda

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Surabaya
Senin, 27 September 2021
27o
Kurs