Sabtu, 27 April 2024

Universal Music Group Akan Menarik Katalog Lagu Artis-Artisnya dari TikTok

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi logo aplikasi Tiktok. Foto: Reuters

Universal Music Group (UMG), label yang mewakili artis-artis termasuk Taylor Swift, Billie Eilish, dan Ariana Grande, mengatakan akan menarik musiknya dari TikTok besok tengah malam, Kamis (31/1/2024), setelah gagal mencapai kesepakatan dengan perusahaan induk platform tersebut.

UMG tidak akan memperbarui perjanjiannya saat ini dengan TikTok, yang akan berakhir pada 31 Januari, dan berencana untuk menghentikan lisensi konten untuk TikTok dan layanannya yang berfokus pada musik, TikTok Music.

Dilansir dari Techcrunch, UMG menuduh TikTok yang dilaporkan menghasilkan hampir 20 miliar Dolar pendapatan iklan tahun lalu yang mencoba membangun “bisnis berbasis musik tanpa membayar nilai wajar untuk artis musik.”

“TikTok mengusulkan untuk membayar artis dan penulis lagu kami dengan tarif yang jauh lebih kecil dari tarif yang dibayarkan oleh platform sosial besar di lokasi serupa,” tulis label tersebut dalam keterangan resminya.

TikTok tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar.

Seperti yang disampaikan UMG dalam siaran persnya, TikTok dan mereka tidak sepakat mengenai pembayaran untuk rekaman yang dihasilkan AI menggunakan properti UMG.

Selain itu, TikTok tidak mengambil langkah yang tepat untuk segera menghapus konten yang melanggar hak cipta label tersebut, kata UMG.

“Pada akhirnya TikTok mencoba membangun bisnis berbasis musik, tanpa membayar nilai wajar untuk musik tersebut,” tulis UMG. (man/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
33o
Kurs