Sabtu, 4 Mei 2024

Lumajang Terima Sembilan Penghargaan Lingkungan Dari Gubernur

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang mendapatkan sembilan penghargaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Penghargaan yang diserahkan langsung Soekarwo Gubernur Jatim ini, seluruhnya berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup di Kabupaten Lumajang.

Eddy Hozainy Kabag Humas Pemkab Lumajang kepada reporter Sentral FM mengatakan, penghargaan itu diserahkan oleh Gubernur Jatim dalam peringatan hari lingkungan hidup Provinsi Jatim di Pantai Ria Kenjeran Surabaya.

“Gubernur Jatim menyerahkan penghargaan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) tingkat Provinsi Jatim kepada 22 Kabupaten/Kota, 12 tokoh Pelestari Lingkungan Hidup di Jatim. Mereka terdiri dari 3 perintis lingkungan, 8 penyelamat lingkungan dan 1 pembina lingkungan. Penghargaan berupa piagam, trophy dan tabungan Rp 5 juta,” kata Eddy, Senin (30/6/2014).

Dia menambahkan, dari sekian banyak kategori yang dinilai, Kabupaten Lumajang memborong sembilan penghargaan. Diantaranya, penghargaan Status Lingkungan Hidup Daerah atau SLHD tingkat Provinsi Jatim, Kalpataru yang diterima oleh KPRA Kalipoh, di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro , dan Aak Abdullah Alkudus, aktivis konservasi di Gunung Lemongan.

“KPRA Kalipoh konsern menangani masalah pengairan mendapatkan penghargaan sebagai penyelamat lingkungan, sedangkan Aak Abdullah Alkudus, aktivis konservasi di Gunung Lemongan sebagai pemerhati lingkungan,” ujarnya.

Selain itu, penghargaan Adiwiyata diberikan kepada SMPN 2 Tempeh; Kelurahan Ditotrunan, Kecamatan Kota Lumajang memperoleh penghargaan Desa Berseri Mandiri; Desa Dawuhan Lor, Kecamatan Sukodono sebagai Desa Berseri Madya. Dan untuk penghargaan Desa Berseri Pratama diraih Desa Kedungrejo, Kecamatan Rowokangkung.

“Penghargaan juga diberikan kepada 117 sekolah penerima penghargaan Adiwiyata yang secara simbolis diserahkan kepada 36 Kepala Sekolah, 12 Kepala Desa/Lurah Desa Berseri Kategori Mandiri, serta sembilan Pelaksana Pelaporan Pengelolaan Lingkungan Hidup Terbaik yang secara simbolis diserahkan kepada 3 Perusahaan Pelaksana Pengelolaan Lingkungan Hidup Kategori Terbaik,” kata dia.

Dengan penghargaan ini, kata Eddy, Kabupaten Lumajang seakan diingatkan untuk tidak boleh berhenti untuk terus mempertahankan prestasi menyelamatkan, memperhatikan, merawat dan menjaga lingkungan dari tahun ke tahun sehingga Kabupaten Lumajang semakin baik ke depannya.

“Dengan diraihnya berbagai penghargaan ini, Bupati merasa bangga dan menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Lumajang. Sebab selama ini warga Lumajang sangat peduli dan aktif berpartisipasi dalam menangani lingkungan di Kabupaten Lumajang,” pungkasnya. (her/wak)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs