Sabtu, 4 Mei 2024

Perpustakaan Desa Lumajang Didorong Berbasis Teknologi IT

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lumajang menerapkan inovasi berbasis IT dalam pengembangan Perpustakaan yang menyebar di 198 Desa.

Siswinarko Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lumajang ketika dikonfirmasi Sentral FM, Selasa (23/12/2014), tahap awal, Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lumajang menerapkan teknologi IT di 8 Perpustakaan Desa, sebagai pilot project-nya.

”Saat ini memang sudah 8 Perpustakaan Desa yang menerapkan teknologi IT yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Di 8 Perpustakaan Desa itu, masing-masing telah dilengkapi dengan 3 unit komputer dan modem yang diperuntukkan sebagai sarana penunjang internet,” katanya.

Sarana IT tersebut, merupakan bantuan dari CSR perusahaan swasta yang konsern dengan dunia pendidikan, terutama pengembangan Perpustakaan.

“Program ini sejalan dengan rencana dari kantor Perpustakaan dan Arsip yang akan membangun perpustakaan desa berbasis IT di seluruh Kabupaten Lumajang,” ujar Siswinarko.

Delapan perpustakaan desa yang telah dilengkapi sarana IT, diantaranya 2 Perpustakaan Desa di Kecamatan Yosowilangun, 3 Perpustakaan Desa di Kecamatan Tempeh Kidul, 2 Perpustakaan Desa di Kecamatan Pasirian dan 1 Perpustakaan Desa di Kecamatan Senduro.

Kantor Perpustakaan dan Arsip telah mempersiapkan SDM yang nantinya akan mengoperasionalkan Perpustakaan Desa berbasis IT tersebut.

“Perwakilan pengelola Perpustakaan Desa dibekali berbagai macam materi tentang pengelolaan dan pemahaman IT melalui bintek tersebut. Sementara pemateri sendiri yang berjumlah 4 orang,” katanya.

Siswinarko berharap agar 201 Perpustakaan Desa yang tersebar di seluruh Kabupaten Lumajang, secara bertahap bisa mengembangkan Perpustakaan Desa berbasis IT ini.

“Sehingga akan berdampak pada meningkatnya minat baca masyarakat,” ujarnya. (her/nif/ipg)

Teks Foto :
– Siswinarko Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lumajang.
Foto : Sentral FM

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
33o
Kurs