Kamis, 25 April 2024

BPBD Lumajang Siapkan Status Siaga Darurat Hujan Abu Bromo

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Semburan abu akibat meningkatnya kegiatan vulkanik Gunung Bromo hingga hari ini, Kamis (10/12/2015), terus mengguyur wilayah Kabupaten Lumajang. Hujan abu terpantau menguyur tipis di wilayah Desa Argosari, Kecamatan Senduro yang mulai dirasakan warga sejak kemarin.

Namun, abu vulkanik yang mengguyur sejauh ini belum membawa dampak siginifikan terhadap aktivitas warga. Sebagai langkah antisipasi, BPBD Kabupaten Lumajang terus menambah dropping masker untuk warga setempat.

Purwanto Sekretaris BPBD Kabupaten Lumajang kepada Sentral FM mengatakan, hingga hari ini jumlah masker yang telah didropping ke Desa Argosari, Kecamatan Senduro telah mencapai 5 ribu atau sebanyak 2 karung.

“Sampai hari ini, kami telah mengirimkan 5 ribu masker sebagai upaya darurat jika abu semakin pekat. Masker yang bisa sewaktu-waktu dibagikan kepada warga, telah dipersiapkan di Balai Desa setempat,” katanya.

BPBD Kabupaten Lumajang juga masih mengajukan penambahan stok masker kepada BPBD Provinsi Jatim. Hal ini sebagai antisipasi jika stok masker kurang. “Sebab, stok masker yang ada di BPBD Kabupaten Lumajang hanya tersisa 20 ribu saja. Kami mengajukan penambahan stok 20 ribu lagi,” paparnya.

Sebagai upaya antisipasi lainnya, BPBD Kabupaten Lumajang juga tengah menyusun penetapan SK (Surat Keputusan) Siaga Darurat Abu Bromo yang akan diberlakukan secepatnya.

“Kami telah menyusun SK status siaga darurat abu Bromo yang kami ajukan ke Sekda Kabupaten Lumajang. Status siaga akan diberlakukan secepatnya, untuk waktu yang akan disesuaikan. Bisa sebulan atau kurang,” terangnya

Dengan status siaga darurat, menurut Purwanto, maka mobilisasi bantuan untuk warga jika semburan abu semakin parah bisa cepat dilakukan Terutama dengan melibatkan instansi terkait, seperti Dinas Kesehatan untuk menyediakan obat obatan bagi warga terdampak.

Purwanto juga mengungkapkan, potensi guyuran hujan abu Gunung Bromo bisa menyebar di wilayah tertentu yang berbatasan. Diantaranya di Desa Argosari dan Ranupani di Kecamatan Senduro dan di sejumlah desa wilayah Kecamatan Gucialit. (her/ipg)

Teks Foto :
– Purwanto, Sekretaris BPBD Kabupaten Lumajang.
Foto : Sentral FM

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs