Kamis, 16 Mei 2024

Jalur Lintas Selatan Lumajang-Malang Longsor, Menutup Jalan

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Hujan yang terus mengguyur deras di wilayah Kabupaten Lumajang kembali membawa dampak bencana tanah longsor. Kali ini, longsor kembali terjadi di jalur lintas selatan yang menghubungkan Lumajang menuju Malang.

Bebatuan berukuran beras ambrol hingga menuutp separuh akses badan jalan di dekat Jembatan Perak (Gladak Perak) di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

“Longsor ini terjadi pukul 02.00 dinihari tadi,” kata Hendro Wahyono Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang ketika dikonfirmasi Sentral FM, Rabu (14/1/2015).

Diungkapkannya, peristiwa longsor ini terjadi dengan diawali hujan yang mengguyur deras sejak siang harinya. Sampai malam hari, hujan terus mengguyur lebat hingga kontur tanah tebing menjadi labil. Akibatnya, tebing tidak lagi bisa menopang bebatuan besar yang ada di atas.

Sehingga, bebatuan itu pun ambrol dan mengakibatkan tumbangnya pohon hingga menutup separuh akses badan jalan. Beruntung, kondisi jalan yang sepi dinihari saat kejadian, tidak membawa akibat korban celaka.

“Peristiwa longsor ini terpantau oleh personil Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD yang melakukan siaga di Posko Aju di Desa Jarit, Kecamatan Candipuro,” paparnya. Selanjutnya, personil TRC BPBD cepat melakuan koordinasi dengan Pusdal-Ops BPBD di Markas Kabupaten Lumajang.

Tak lama kemudian dilakukan mobilisasi perosnil ke lokasi longsor. “Kami dibantu unsur TNI-Polri, aparatur Kecamatan dan masyarakat setempat melakukan upaya pembersihan jalur. Sejak dinihari, upaya pembersihan jalur dengan peralatan yang ada terus dilakukan sampai pagi tadi. Hasilnya, akses jalan vital yang menghubungkan Lumajang menuju Malang bisa dibuka pagi tadi,” bebernya.

Setelah melakukan upaya pembersihan jalur, BPBD Kabupaten Lumajang melanjutkan dengan pengcekan jalur rawna longsor. Terutama di titik-titik yang terdapat bebatuan besar yang rawan membahayakan kselamatan jiwa pengguna jalan yang melintas.

“Masih ada sejumlah t8tik rawan longsor dengan bebatuan besar di atas tebing yang membayakan di jalur selatan Lumajang-Malang. Selanjutnya, kami akan melakukan pengkajian untuk mengambil upaya pembersihan agar tidak membahayakan keselamatan jiwa pengguna jalan yang melintas,” demikian pungkas Hendro Wahyono. (her/ipg)

Teks Foto :
– Longsor di jalur lintas selatan Lumajang-Malang.
Foto : Sentral FM

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
29o
Kurs