Senin, 29 April 2024
BPBD Lumajang Waspadai Potensi Gelombang Pasang Susulan

Ombak Tinggi, Warga Pesisir Pantai Watu Pecak Masih Diungsikan

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Bencana gelombang pasang setinggi 3 meter dari pantai selatan yang menerjang pemukiman warga di pesisir Pantai Watu Pecak Desa Selok Awar-awar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang yang mengakibatkan sebuah rumah roboh dan 13 rumah lainnya tertimbun pasir dengan ketinggian satu meter, sejauh ini masih berpotensi terjadi susulan.

Hal itu disampaikan Hendro Wahyono Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Lumajang, Senin (6/6/2016), yang mengatakan jika potensi gelombang pasang susulan masih dimungkinkan terjadi.

“Untuk itu, warga di pemukiman pesisir Pantai Watu Pecak yang kemarin rumahnya rusak diterjang gelombang pasang kita minta untuk tidak kembali terlebih dulu. Warga yang saat ini masih mengungsi di rumah tetangga desa dan saudara yang lokasinya lebih aman, kita minta untuk bertahan,” katanya.

Potensi bencana gelombang pasang dengan ketinggian ekstrem ini, masih menurutnya, berpotensi akan berdampak terhadap seluruh pemukiman di wilayah pesisir yang terdapat di sejumlah kecamatan. “Jadi tidak hanya di pesisir Pantai Watu Pecak saja,” ujarnya.

Potensi bencana ombak ganas itu, juga akan berdampak di pemukiman nelayan Kecamatan Tempursari, Kecamatan Pasirian dan Kecamatan Yosowilangun. Untuk antisipasi, warga di pesisir sudah diberikan sosialisasi berjenjang melalui aparatur desa agar meningkatkan kewaspadaannya.

Untuk penanganan dampak bencana gelombang pasang di Pantai Watu Pecak, BPBD Kabupaten Lumajang saat ini tengah mengajukan upaya bantuan kepada Bupati Lumajang untuk diteruskan kepada masyarakat.

“Sudah kita ajukan paket bantuan sembako dan lainnya. Namun untuk pemukiman warga yang sudah, kami kita kaji dan telaah apakah akan rirelokasi atau bagaimana. Melihat situasinya yang membahayakan seperti itu, kami akan mengusulkan relokasi,” katanya. (her/ipg)

Teks Foto :
– Rumah di pemukiman pesisir Pantai Watu Pecak yang terdampak gelombang pasang.
Foto : Sentral FM

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs