Minggu, 28 April 2024

Dua Band Jazz Tampil Memukau di MLD Spot Jazz Competition

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Srundeng Band Feat Adi Nugroho menjadi peserta MLD Spot Jazz Competition 2015 yang tampil pertama. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Dua group band peserta MLD Spot Jazz Competition 2015 tampil memukau di acara kompetisi musik Jazz yang diselenggarakan Suara Surabaya di Spazio, Rabu (8/4/2015) malam.

Group band Open Gate asal Malang dan Srundeng Feat Adi Nugroho asal Surabaya berlomba mencuri perhatian para dewan juri dengan penampilan yang benar-benar maksimal. Penonton juga tampak memadati area out door Spazio untuk menyaksikan penampilan dua peserta ini.

Acara MLD Spot Jazz Competition 2015 yang digelar untuk mencari bibit-bibit band jazz baru di Surabaya juga dihadiri Amainta Budiadi General Manager Spazio, dan Errol Jonathans Direktur Utama Suara Surabaya media.

Ayub Dahana panitia MLD Spot Jazz Competition 2015 mengatakan, peserta yang akan mengikuti kompetisi ini, tidak hanya berasal dari Surabaya, melainkan ada beberapa peserta yang berasal dari luar kota. Nantinya mereka akan berkompetisi untuk meraih juara dan mendapatkan trophy, uang tunai, serta berkesempatan untuk tampil di event Jazz Traffic 2015.

“Ada sekitar 20an band yang mendaftar, mereka akan melewati babak penyisihan yang berlangsung 8 April-10 Juni 2015,” kata Ayub kepada suarasurabaya.net, Rabu malam.

Dalam kompetisi musik jazz ini, kata dia, mendatangkan tiga dewan juri yang berkompeten di bidang musik terutama jazz. Yaitu Yudi Barlean seorang musisi jazz surabaya sekaligus guru musik; Wijang Susetyo seorang musisi, musik arranger, dan juga perwakilan dari Suara Surabaya; serta Sulistyo Hadi Music Director RRI, yang juga saxophonist.

“Ada beberapa poin yang akan dinilai dewan juri yaitu kekompakan,dinamika, Aransemen, dan improvisasi. Untuk menambah kemeriahan, ada bintang tamu Deny and the add band yang telah beberapa tampil di Jazz Traffic Festival,” ujarnya.

Sementara itu, Yudi Barlean satu dianatara dewan juri mengatakan, penampilan dua peserta sangat luar biasa pada hari pertama penyelenggaraan MLD Spot Jazz Competition. Materi yang dibawakan cukup bagus, namun masih ada peserta yang tampak kurang persiapan.

“Untuk peserta yang belum mendapatkan tampil, harus sesering mungkin melihat peserta lainnya tampil setiap Rabu malam. Ini sangat penting untuk mempersiapan materi-materi yang akan dibawakan nantinya,” kata Yudi.

Dia menambahkan, acara yang dipelopori oleh Suara Surabaya ini sangat tepat sekali untuk kepentingan regenerasi para musisi Jazz. Sehingga musik Jazz terutama di Surabaya dapat terus eksis.

“Untuk regenerasi para musisi Jazz event-event seperti ini sebaiknya sering dilakukan. Selain itu, event-event kecil juga sesering mungkin digelar untuk mengenalkan musik Jazz kepada generasi muda,” kata dia. (wak)

Teks Foto:
1. Open Gate Band peserta asal Malang saat tampil di MLD Jazz Competition 2015.
2. Errol Jonathans Direktur Utama Suara Surabaya media saat membuka gelaran MLD Jazz Competition 2015.
3. Amainta Budiadi General Manager Spazio saat memberikan sambutan di hari pertama MLD Jazz Competition 2015.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs