Kamis, 21 Oktober 2021

Chick Corea, Pianis Jazz Dunia Meninggal Dunia

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Chick Corea saat tampil di Blue Note pada 2006 lalu. Foto: Michelle V. Agins / The New York Times

Chick Corea, seorang arsitek dari jazz-rock fusion boom tahun 1970-an, meninggal dunia pada hari Selasa (9/2/2021) di rumahnya di Tampa, Florida di usia 79 tahun. Chick Corea telah menghabiskan lebih dari setengah abad sebagai salah satu pianis terkemuka dalam musik jazz dunia.

Dilansir dari laman New York Times, Jumat (12/2/2021), penyebabnya kematian Chick Corea adalah kanker. Informasi itu didapatkan dari Dan Muse, juru bicara keluarga Corea.

Band paling terkenal dari Corea adalah “Return to Forever”, sebuah grub kolektif yang telah mendorong genre fusi menjadi genre musik berpengaruh di Brasil, Spanyol, dan negara lainnya. Namun sepanjang karirnya, dia tidak pernah meninggalkan cinta pertamanya, yakni piano akustik. Di sanalah ia merasakan sentuhan dan rasa harmoni yang tajam yang telah membuat permainannya sangat berbeda.

Sejumlah komposisinya, termasuk “Spanyol”, “500 Miles High”, dan “Tones for Joan’s Bones”, telah menjadi standar jazz,. Hal ini ditandai dengan harmoni yang indah namun bersinar terang dan melodi yang memikat telinga.

Pada akhir karirnya, Corea telah merekam hampir 90 album sebagai pemimpin band atau co-leader dan meraup 23 Grammy, lebih dari hampir semua musisi lainnya. Dia juga memenangkan tiga Grammy Latin.(tin/ipg)

Berita Terkait

Chick Corea Electric Band Dahsyat


Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Kamis, 21 Oktober 2021
30o
Kurs