Sabtu, 20 Agustus 2022

Ahmad Dhani Akui Dewa 19 Tidak Punya Persiapan Khusus Tampil di NJTF, Ini Alasannya

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ahmad Dhani Prasetyo saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Kamis (12/5/2022). Foto: Dhafin suarasurabaya.net

Ahmad Dhani Prasetyo pentolan grup band kenamaan Tanah Air, Dewa 19 mengaku tidak punya persiapan khusus saat tampil di Navy Jazz Traffic Festival di Lawang pada Sabtu (14/5/2022).

Dewa 19 yang akan manggung bersama Virzha sebagai vokalis, kata Dhani, akan membawakan lagu-lagu yang punya penonton tinggi di YouTube mereka.

“Kita jarang punya surprise, lagu-lagu yang kita bawain kebanyakan yang udah kita rilis di Youtube karena hampir semua lagu baru yang dinyanyiin Virzha viewersnya jutaan, kita base big data-nya dari situ,” kata Dhani saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Kamis (12/5/2022).

Saat ditanya lebih lanjut apakah menyiapkan aransemen khusus di lagu yang akan dibawakan akhir pekan ini, lagi-lagi Dhani menggeleng.

“Nggak ada, sumpah nggak ada aransemen yang berbeda. Ibarat pemain sirkus, kita setiap hari dari kota satu ke kota lainnya ilmunya sama, tapi orang gak bosen lihat sirkus itu,” ujarnya.

Dhani yang identik dengan rambutnya plontos berkelakar tidak perlu memberikan surprise karena musik Dewa 19 adalah elemen kejutan itu sendiri.

“Bukan cuma lagunya yang enak tapi secara liner up, kita oke memang. Bukan cuma jual lagu. Kita gak perlu memberikan surprise, karena musik kita sendiri udah surprise,” selorohnya.

Ia pun memuji personel Dewa 19 lainnya yang menurutnya salah satu yang terbaik di Indonesia.

“Agung itu drummer yang bagus, Yuke pemain bass yang bagus, Andra salah satu gitar hero-nya Indonesia, kalau saya ya lumayan lah. Itu salah satu yang membuat pertunjukan Dewa menarik,” terang keyboardis kondang Tanah Air itu.

Dalam kesempatan tersebut ia menyebut Navy Jazz Traffic Festival akan jadi panggung pertama Dewa 19 di Jawa Timur setelah absen dua tahun karena pandemi Covid-19.

“Ini akan jadi yang pertama kali di Jawa Timur semenjak terakhir tur Dewa 19 yang terhenti tahun 2020. Waktu itu saya ingat banget Surabaya kota terakhir di bulan Maret,” kata Dhani.

Dhani menambahkan, NJTF akan jadi konser pemanasan sebelum Dewa-19 memulai tur peringatan 30 tahunnya di Surabaya tanggal 27 Mei mendatang.

“Sebagai pemanasan untuk tur kita di kota pertama yaitu Surabaya tanggal 27 Mei. Kita bikin tur keliling 30 kota 30 lagu memperingati 30 tahun sama Virzha, Ello, ada Ari Lasso juga,” pungkasnya.

Dewa 19 bersama Virzha akan tampil bersama sederet musisi papan atas dan lokal di Navy Jazz Traffic Festival (NJTF) pada 14 Mei 2022 mendatang yang digelar Koarmada II TNI AL bekerja sama dengan Suara Surabaya Media. Setiap pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan saat memasuki area Villa Navy Residence, Lawang, Kabupaten Malang

Musisi yang tampil di antaranya Reza Artamevia, Syaharani & Queenfireworks, Padi Reborn, Tulus, Dewa 19 feat Virzha, juga Pavoiseren band Koarmada II.

Selain konser musik nantinya Navy Jazz Traffic Festival akan menghadirkan berbagai kegiatan lain, yakni gelar produk UKM Jawa Timur, pameran Alutsista TNI AL, demonstrasi Aeorobatik Bonanza Rajawali Laut Flight Puspenerbal, dan demonstrasi penerjunan pasukan khusus Kopaska TNI AL Koarmada II.

Tentang Jazz Traffic

Jazz Traffic sendiri awalnya adalah program siaran di Radio Suara Surabaya yang sudah mengudara sejak tahun 1983. Bahkan, Bubi Chen sang virtuoso musik jazz internasional dari Surabaya pernah terlibat dalam siaran Jazz Traffic sejak tahun 1985 sampai akhir hayatnya pada tahun 2012.

Saat ini, siaran Jazz Traffic tidak hanya memperdengarkan komposisi-komposisi jazz, tapi juga mengenalkan sub genre Jazz Tradisional, Free Jazz, hingga Jazz Kontemporer. Selama 37 tahun mengudara, Jazz Traffic telah membentuk komunitas-komunitas jazz yang solid, tidak hanya di Kota Surabaya, tapi juga kota-kota lain di Indonesia.

Program Jazz Traffic yang dibidani Errol Jonathans ini, lantas diabadikan dalam sebuah acara live performance para musisi jazz Indonesia bertajuk Jazz Traffic Festival (JTF).

Event Jazz Traffic Festival tahun ini merupakan gelaran kesepuluh kalinya sejak tahun 2011, setelah sempat vakum pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Sabtu, 20 Agustus 2022
29o
Kurs