Kamis, 28 Maret 2024

Puluhan Stan Kuliner Lezat Siap Memanjakan Lidah Pengunjung NJTF 2022

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pindan Cafe di NVR yang menyiapkan makanan khas juga bernuansa navy, di antaranya sajian Mie KRI. Foto: Panitia NJTF

Masyarakat dapat menikmati kemeriahan Navy Jazz Traffic Festival (NJTF) mulai Sabtu (7/5/2022). Ada puluhan stan kuliner, pertunjukan musik, dan nonton film bareng di dalam Villa Navy Residence (VNR), Lawang, Malang, Jawa Timur.

Sugeng Heri Kuswanto, panitia Navy Jazz Traffic Festival mengatakan, tidak perlu tiket untuk masuk ke VNR pada tanggal 7-13 Mei 2022. Masyarakat umum bisa mencicipi makanan minuman yang dijual UMKM, UKM, dan merek-merek ternama, sambil menonton penampilan band lokal dan film populer.

Stan kuliner ini buka pada tanggal 7-13 Mei 2022 mulai pukul 15.00-21.00 WIB. Khusus 14 Mei 2022 saat puncak NJTF, buka mulai pukul 10.00-21.30 WIB.

“Pengunjung bisa menikmati kelezatan gorengan renyah sampai makanan berkuah yang hangat dan gurih di tempat yang sejuk, sambil melihat pemandangan Kota Lawang yang dikelilingi Gunung Arjuno, Semeru, Bromo, Kawi, dan Panderman. Harganya juga terjangkau, mulai dari lima ribu rupiah,” kata Heri, Kamis (5/5/2022).

Heri menjelaskan, tujuan pelibatan UMKM dan UKM dalam acara musik hasil kerja sama Koarmada II TNI AL dan Suara Surabaya ini adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi mereka setelah terimbas pandemi.

“Semua penjual sudah divaksin dan pembayaran dianjurkan dilakukan dengan cara nontunai. Semua stan melayani pembayaran dengan Qris sehingga bisa melayani semua aplikasi pembayaran,” kata Heri.

Lokasi bazar makanan dan minuman di NJTF terbagi menjadi tiga zona. Pertama, zona UMKM binaan VNR yang sebelumnya sudah berjualan di sana. “Sebanyak 30 stan menyediakan aneka jenis makanan dan minuman, mulai dimsum, jagung dan sosis bakar, batagor, ketan duren, jus buah, sampai tahu petis,” tutur Heri.

Kedua, zona UKM yang terdiri dari 40 tenant. Sebanyak 80 persennya menjual menu makanan dan minuman lokal hingga internasional. Misalnya lumpia, bakso, legen, pecel rawon, ayam bakar, nasi rames, burger, sate taichan, pentol, salad, juga bakso geprek.

Ketiga, Yamaha Land. Ada 12 merek makanan dan minuman populer yang menempati zona premium ini. Mulai dari Chatime, Yoshinoya, Soto Wawan, CFC, Tarantula Coffe, PCN Pelindo, dan Black Canyon Coffe.

Selain pertunjukan musik dari band lokal dan pemutaran film, mulai tanggal 11 Mei 2022 masyarakat juga bisa mengunjungi pameran Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista) TNI AL.

Kegiatan lain yang termasuk dalam rangkaian Navy Jazz Traffic Festival yaitu vaksinasi massal pada 9 Mei 2022, donor darah pada 10 Mei 2022, dan Beauty Class Ibu-Ibu Angkatan Laut bersama Viva Cosmetics pada 11 Mei 2022.

Selain itu, pengunjung juga bisa test drive dan test ride bersama Honda Surabaya Center. JWater, air mineral artesian milik Juragan99 juga akan soft launching di Navy Jazz Traffic Festival 2022.

Sederet musisi papan atas dan lokal akan tampil di Navy Jazz Traffic Festival (NJTF) pada 14 Mei 2022 mendatang.  Setiap pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan saat memasuki area Villa Navy Residence, Lawang, Kabupaten Malang

Musisi yang tampil di antaranya Reza Artamevia, Barry Likumahuwa, Padi Reborn, Tulus, Dewa 19 feat Virzha, juga Pavoiseren band Koarmada II.

Selain konser musik nantinya Navy Jazz Traffic Festival akan menghadirkan berbagai kegiatan lain, yakni gelar produk UKM Jawa Timur, pameran Alutsista TNI AL, demonstrasi Aeorobatik Bonanza Puspenerbal, dan demonstrasi penerjunan pasukan khusus Kopaska TNI AL Koarmada II.

Tentang Jazz Traffic

Jazz Traffic sendiri awalnya adalah program siaran di Radio Suara Surabaya yang sudah mengudara sejak tahun 1983. Bahkan, Bubi Chen sang virtuoso musik jazz internasional dari Surabaya pernah terlibat dalam siaran Jazz Traffic sejak tahun 1985 sampai akhir hayatnya pada tahun 2012.

Saat ini, siaran Jazz Traffic tidak hanya memperdengarkan komposisi-komposisi jazz, tapi juga mengenalkan sub genre Jazz Tradisional, Free Jazz, hingga Jazz Kontemporer. Selama 37 tahun mengudara, Jazz Traffic telah membentuk komunitas-komunitas jazz yang solid, tidak hanya di Kota Surabaya, tapi juga kota-kota lain di Indonesia.

Program Jazz Traffic yang dibidani Errol Jonathans ini, lantas diabadikan dalam sebuah acara live performance para musisi jazz Indonesia bertajuk Jazz Traffic Festival (JTF).

Event Jazz Traffic Festival tahun ini merupakan gelaran kesepuluh kalinya sejak tahun 2011, setelah sempat vakum pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19.(iss)

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs