Minggu, 19 Mei 2024

Dirjen HKI Terbitkan Dua Sertifikat Merek untuk Suara Surabaya

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Karyawan SS Media menunjukkan Sertifikat Merek atas logo Radio Suara Surabaya dan suarasurabaya.net. Foto: Iping suarasurabaya.net

Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kemenkumham menerbitkan Sertifikat Merek atas logo Radio Suara Surabaya dan suarasurabaya.net untuk PT. Radio Fiskaria Jaya Suara Surabaya.

Rudy Hartono, Manager Human Resource Development (HRD) Suara Surabaya Media mengatakan, pengajuan hak paten dilakukan untuk menjaga identitas media radio dan media online tersebut. “Itu kan identitas yang harus kita jaga, biar tidak diduplikasi orang. Bukan untuk dikomersilkan,” katanya, Senin (5/10/2015).

Dengan demikian, sampai 25 Oktober 2022 secara otomatis semua yang berhubungan dengan merek SS, harus sepersetujuan PT. Radio Fiskaria Jaya Suara Surabaya. “Seperti kegiatan promosi, termasuk promosi bersama harus seizin kita,” kata Rudy.

Jika di kemudian hari ada pihak penyelenggara suatu acara yang menggunakan logo tersebut tanpa izin, maka akan diturunkan oleh PT. Radio Fiskaria Jaya Suara Surabaya. “Pertama akan kita koordinasikan dulu. Asalkan itu untuk kepentingan bersama dan satu visi dengan kita, tidak apa-apa,” kata Rudy.

Menurutnya, pada awal tahun 2013, berkas yang diajukan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham sempat hilang. Oleh sebab itu baru pada September 2015 pihaknya menerima sertifikat merek. “Normalnya lama pengurusan hanya enam bulan. Sampai pertengahan 2013 kok tidak ada kabar, ternyata berkasnya hilang. Jadi, kita kirim ulang,” katanya.

Kedua Sertifikat Merek dengan nomor HKI 4000005022 dan HKI 4000002150 tersebut diterbitkan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham pada 3 Agustus 2015.

Sementara, nama program “Kelana Kota” yang merupakan ikon Radio Suara Surabaya sekaligus cikal bakal jurnalisme SS, juga telah diajukan ke Dirjen HKI.

Errol Jonathans Direktur Utama Suara Surabaya Media mengatakan, Kelana Kota telah ada sejak awal SS berdiri pada tahun 1983. “Awalnya hanya satu jam, lalu jamnya bertambah sehingga kita pakai sepanjang hari untuk seluruh program SS,” katanya.(iss/ipg)

Teks Foto:
1. Sertifikat Merek untuk logo Radio Suara Surabaya
2. Sertifikat Merek untuk logo suarasurabaya.net
Foto: Dok. PT. Radio Fiskaria Jaya Suara Surabaya

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version