Rabu, 2 Desember 2020

Penyintas Covid-19 Suara Surabaya Siap Donor Plasma Konvalesen

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Penyintas Covid-19 Suara Surabaya melakukan screening awal donor plasma konvalesen, Kamis (19/11/2020). Foto: Iping suarasurabaya.net

Sebanyak 18 penyintas Covid-19 Suara Surabaya Media melakukan screening antibodi sebelum melakukan donor plasma konvalesen, Kamis (19/11/2020).

Dari screening awal, ada empat penyintas wanita yang tidak memenuhi syarat karena pernah hamil.

“Sebetulnya agak kecewa. Tapi semoga bisa membantu dengan cara yang lain,” kata Larasati Putri, crew New Media yang gugur menjadi pedonor.

Penyintas Covid-19 Suara Surabaya melakukan screening antibodi, Kamis (19/11/2020). Foto: Iping suarasurabaya.net

Untuk dapat menjadi pedonor plasma konvalesen, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi di antaranya pernah terkonfirmasi Covid-19, telah sembuh dari Covid-19 dengan satu kali SWAB negatif, belum pernah hamil, dan berat badan di atas 55 kilogram.

Diakui oleh dr. Martono, Kepala Bagian Pelayanan PMI Kota Surabaya mendatangi instansi adalah salah satu strategi PMI Surabaya untuk memastikan ketersediaan plasma konvalesen yang sulit didapat. Martono mengaku, sudah satu minggu ini stok plasma konvalesen di PMI Surabaya kosong.

Sampel darah penyintas Covid-19 Suara Surabaya Media dibawa oleh petugas PMI Surabaya untuk diperiksa, Kamis (19/11/2020). Foto: Iping suarasurabaya.net“Per hari ini saja, dari update terakhir ada 31 pasien dari berbagai wilayah di Jawa Timur seperti Bangkalan, Malang, Tuban, Madiun, Gresik yang belum terlayani permintaan plasma konvalesennya. Sedangkan stok kosong sudah seminggu ini,” katanya saat ditemui suarasurabaya.net.

Selain door to door ke instansi, PMI Surabaya juga bekerja sama dengan Rumah Sakit.

“Kita kerja sama dengan Rumah Sakit. Kita minta Rumah Sakit memberi edukasi kalau sembuh agar menjadi donor plasma konvalesen. Dengan catatan tidak ada keluhan,” ungkapnya.

Sebagian penyintas Covid-19 Suara Surabaya berfoto bersama dr. Martono usai screening antibodi, Kamis (19/11/2020). Foto: Iping suarasurabaya.net

Martono mengatakan, donor plasma konvalesen hanya bisa dilakukan oleh penyintas Covid-19. Oleh sebab itu, sebelum melakukan donor, para penyintas akan terlebih dahulu dilakukan screening antibodi untuk memastikan jumlah antibodi di dalam tubuh. Bila lolos, maka penyintas akan diambil plasma konvalesennya.

PMI Kota Surabaya membuka pelayanan donor plasma konvalesen setiap hari di PMI Surabaya Jalan Embong Ploso mulai pukul 07.00-21.00 WIB. (dfn/ipg)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Rumah, 12 PMK Di lokasi

Kecelakaan L300 Tabrak Pembatas Tol Sumo

Hujan Deras di Balonggebang Nganjuk

Surabaya
Rabu, 2 Desember 2020
27o
Kurs