Jumat, 19 April 2024

Dewan Pers Terbitkan Sertifikat, Nyatakan suarasurabaya.net Lolos Verifikasi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tim dari Dewan Pers saat melakukan verifikasi faktual terhadap laman suarasurabaya.net di Suara Surabaya Centre pada Selasa (10/10/2023). Foto: Talitha magang suarasurabaya.net

Dewan Pers telah mengeluarkan sertifikat kepada Suarasurabaya.net pada Selasa (31/10/2023) kemarin. Sebelumnya, Dewan Pers melakukan verifikasi faktual pada 10 Oktober lalu.

Sertifikat yang berlaku selama lima tahun tersebut merupakan bukti bahwa portal berita bagian dari Suara Surabaya Media ini telah terverifikasi oleh Dewan Pers.

Sebelum mengeluarkan sertifikat itu, Dewan Pers mengunjungi Suara Surabaya Center untuk melakukan verifikasi faktual terhadap suarasurabaya.net.

Deritawati dari Sekertariat Dewan menjelaskan, verifikasi tersebut merupakan bagian dari fungsi Dewan Pers mendata perusahaan pers.

Verifikasi faktual adalah pemeriksaan di lapangan terhadap perusahaan pers yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi.

Setelah media tersebut diverifikasi, Dewan Pers akan mengumumkan data-data media yang telah terverifikasi baik secara administrasi maupun faktual. Lalu Dewan Pers menerbitkan sertifikat sebagai media terverifikasi.

“Artinya secara administrasi dan isi konten media tersebut, Dewan Pers sudah melakukan verifikasi sesuai dengan standar perusahaan pers, juga standar perlindungan wartawan, standar kompetensi wartawan, dan mematuhi kode etik jurnalistik,” ujarnya saat on air di Radio Suara Surabaya, Selasa (10/10/2023). (saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs