Sabtu, 24 Februari 2024

Ratusan Mahasiswa UKSW Salatiga Belajar “Good Journalism” di Suara Surabaya

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Mahasiwa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga belajar tentang radio di ruang on air Radio Suara Surabaya, Selasa (2/5/2023). Foto: Ihza/magang suarasurabaya.net

Sekitar 110 mahasiswa dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga melakukan kunjungan ke kantor Suara Surabaya pada Selasa (2/5/2023) sore.

Mahasiswa semester 4 program studi Ilmu Komunikasi tersebut memperoleh materi “Reconstructing Hopes, Intimacy, & Good Journalism” yang langsung disampaikan oleh Eddy Prastyo, Manajer Produksi Suara Surabaya Media.

Materi yang disampaikan tersebut berisikan penjelasan tentang konvergensi media hingga bagaimana cara untuk memenangkan tantangan yang dihadirkan dunia digital.

Penyampaian materi “Reconstructing Hopes, Intimacy, & Good Journalism” kepada Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) oleh Eddy Prastyo Manajer Produksi Suara Surabaya Media di Hall Suara Surabaya Center, Selasa (2/5/2023). Foto: Ihza/magang suarasurabaya.net

Ester Krisnawati Dosen Ilmu Komunikasi UKSW menjelaskan, bahwa kunjungan ini bertujuan agar mahasiswa bisa langsung menyaksikan proses produksi di sebuah media, terutama di Suara Surabaya.

“Kami ingin memperkenalkan industri media yang sesungguhnya seperti apa. Karena kan ini sudah tahun kedua mereka (mahasiswa), tapi dari awal mereka belum pernah menginjakkan kaki ke media. Oleh sebab itu, agar mereka tidak hanya melihat Youtube atau televisi, tapi mereka bisa melihat sebuah proses produksi informasi dalam sebuah media massa itu seperti apa,” katanya kepada suarasurabaya.net, Selasa (2/5/2023).

Tim marketing Suara Surabaya saat memberikan materi ke mahasiswa UKSW saat berkunjung ke Suara Surabaya Center, Selasa (2/5/2023). Foto: Ihza/magang suarasurabaya.net

Dirinya juga berharap, setelah mengetahui bagaimana proses produksi di dalam sebuah media, mahasiswa akan mendapatkan gambaran umum tentang bagaimana bekerja di sebuah media.

“Mahasiswa ini kan kebanyakan Gen Z. Dengan kita membawa mereka ke sini mereka tahu bagaimana radio yang sesungguhnya. Kadang saya bertanya, tidak ada yang dengerin radio. Kebanyakan mereka mengonsumsi media-media baru semacam Youtube atau Tiktok,” jelasnya

Ia menambahkan, kunjungan ini juga bertujuan untuk membentuk dan menguatkan relasi antara UKSW dengan Suara Surabaya.

Ester Krisnawati Dosen Ilmu Komunikasi UKSW saat di ruang on air Suara Surabaya, Selasa (2/5/2023). Foto: Ihza/magang suarasurabaya.net

“Mereka pada tahun keempat kan sudah magang, dengan kunjungan ini diharapkan terbentukl relasi yang kemudian membuat mahasiswa kami tertarik untuk masuk ke sini (SS),” tutup Ester.

Dalam kunjungan ini, mahasiswa UKSW tidak hanya mendapatkan materi secara lisan, namun juga mereka diberi kesempatan untuk melihat langsung bagaimana produksi yang sedang berlangsung di divisi new media maupun kegiatan on air di Radio Suara Surabaya.(ihz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Sabtu, 24 Februari 2024
28o
Kurs