Minggu, 5 Mei 2024

Tiga Member Aksi Cinta Indonesia Pamer Kekompakan Bernyanyi ke Pendengar Radio SS

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kiri ke kanan: Olivia, Reva, Mita dan Eri selaku member dan music director Aksi Cinta Indonesia waktu menyapa para pendengar Radio Suara Surabaya di SSC, Kamis (17/8/2023). Foto: Dimas Ayu suarasurabaya.net

Tiga anak yang tergabung dalam komunitas musik dan seni “Aksi Cinta Indonesia” (ACI) berkesempatan menyapa dan menghibur pendengar Radio Suara Surabaya dalam momen perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI, Kamis (17/8/2023) sore.

Ketiganya adalah Naomi Olivia, Mita, dan Reva Gabrilia yang hadir langsung di studio dengan membawakan komposisi medley atau rangkaian beberapa lagu yang dimainkan secara bersambungan.

Mulai dari lagu “Bendera” milik Band Coklat, “Rayuan Pulau Kelapa” ciptaan Izmail Marzuki dan ditutup dengan “Nyiur Hijau” ciptaan Maladi.

Tanah airku tumpah darahkuTanah yang subur kaya makmurTanah airku tumpah darahkuTanah yang indah permai nyata,” ketiganya menyanyi secara bersamaan waktu menutup medley dengan lagu “Nyiur Hijau”.

Olivia salah satu member terlama ACI menceritakan, komunitasnya berawal dari sebuah workshop musik yang saat ini tumbuh dan memiliki puluhan anggota tersebar di seluruh Indonesia.

Komunitas ini juga turut menggandeng anak-anak berkebutuhan khusus, untuk mendapat kesetaraan dalam berkarya, salah satunya Reva yang merupakan penyandang tuna netra, diberi kesempatan unjuk gigi atas bakatnya.

Menurut Oliv, sapaan akrabnya, latihan bersama dengan penyandang kebutuhan khusus sebenarnya cukup mudah. Proses latihan pun dilakukan dengan sama rata.

“Kemarin ketika konser ‘Setara Berkarya’ juga sempat ada beberapa anak-anak yang autis dan down syndrome ya kan. Sebenarnya gampang-gampang aja karena judul konsernya aja ‘Setara Berkarya’ jadi kemampuan nyanyi itu sebenarnya dengan kami anak-anak ACI itu sama aja,” ucapnya.

Adapun prestasi komunitas ini, salah satunya sukses meraih tiga medali emas di kompetisi seni terbesar Asia Performing Art Festival 2023 (APAF), Bangkok, Thailand 23-25 Juni 2023 lalu.

Pada kesempatan itu, Mita yang sudah bergabung kurang lebih tigatahun lalu saat masih duduk di bangku SD menceritakan bagaimana belajar tentang kesetaraan di ACI.

“Aku belajar banyak hal sih, pas kolaborasi salah satunya belajar komunikasi dengan anak netra. Ternyata gak ada yang berbeda kita bisa berkarya bersama,” ungkapnya.

Sementara Reva, yang baru bergabung dengan ACI satu bulan belakangan juga mengungkapkan bagaimana mendapat sikap welcome yang dia dapatkan.

“Aku mendapatkan pengalaman baru sih sekarang bisa kolaborasi dengan anak-anak ACI. Jadi mereka untungnya welcome semua, gak ada yang namanya membedakan. Semuanya sama ya happy,” ujarnya.

Kak Eri, selaku Music Director ACI yang turut hadir mendampingi ketiga member-nya pada kesempatan itu juga mengajak para pendengar untuk menghadiri sebuah kegiatan “Merdeka Berkarya”, kampanye sosial hasil kerja sama komunitasnya dengan Disabilitas Berkarya Surabaya dan salah satu hotel di Kota Pahlawan.

“Kita mengajak masyarakat untuk mendukung anak-anak Indonesia punya kesempatan yang setara dalam berkarya, baik itu anak-anak umum maupun anak-anak disabilitas. Acaranya hari Minggu, tanggal 20 Agustus 2023 jam 12 siang, dan akan ada konser penampilan dari teman-teman ACI, teman-teman lima pianis netra dari YPAB (Yayasan Pendidikan Anak-Anak Buta) akan tampil di acara makan siang Hotel Luminor Jemur Sari,” jelasnya. (bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs