Kamis, 2 Mei 2024

BBPOM Temukan Ribuan Mamin Kedaluwarsa

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Petugas menemukan ribuan mamin rusak dan kedaluwarsa di gudang no. 57, Margomulyo, Surabaya. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Untuk menjamin kemanan makanan dan minuman (Mamin) yang beredar di Surabaya menjelang bulan Ramadhan, Jumat (12/6/2015) Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Surabaya meningkatkan pengawasan dengan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah gudang dan pengecer makanan dan minuman.

Hasilnya, ribuan mamin rusak, kedaluwarsa, bahkan tanpa izin edar ditemukan di Gudang no 57 Margomulyo, Surabaya. Sebanyak 37 item, dengan jumlah 2.712 pcs makanan dan minuman rusak dan kedaluwarsa masih disimpan di dalam gudang. Selain itu, terdapat 2 item dengan jumlah sekitar 42 pcs bahan makanan import tanpa izin edar juga terdapat di dalam gudang.

I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Kepala BBPOM Surabaya mengatakan, makanan dan minuman yang ditemukan tersebut langsung diamankan. Setelah ada kesepakatan dengan pemilik gudang, mamin yang rusak dan kedaluwarsa langsung dimusnahkan di halaman gudang untuk antisipasi agar tidak diedarkan.

“Setelah ada kesepakatan dengan pemilik, mamin yang kami sita langsung dimusnahkan di halaman gudang. Namun sebagaian kami bawa ke laboratorium BBPOM untuk diperiksa,” kata Bagus kepada wartawan, Jumat (12/6/2015).

Dia menambahkan, pemilik juga memberikan surat pernyataan tidak akan mengulangi menyimpan ataupun mengedarkan makanan minuman rusak ataupun kedaluwarsa. “Sanksi secara administratif, tapi kami masih melakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Di gudang ini, kata Bagus, pihaknya juga menemukan penyimpanan barang yang belum tertib dan belum rapi. Mamin yang disimpan di gudang ini, masih tercampurnya dengan barang-barang yang tidak ada hubungannya dengan pangan, sehingga berpotensi mencemari produk mamin yang ada.

“Tidak hanya mamin rusak dan kedaluwarsa. Kami juga memeriksa cara penyimpanan, ternyata kurang tertib. Banyak produk yang bukan pangan disimpan satu tempat dengan produk mamin,” kata dia. (wak/ipg)

Teks Foto:
1. I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Kepala BBPOM Surabaya saat melakukan sidak Mamin di gudang no 57 Margomulyo, Surabaya.
2. Mamin yang ditemukan rusak dan kedaluwarsa di gudang no 57, Margomulyo, Surabaya langsung dimusnahkan di lokasi.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs