Sabtu, 18 Mei 2024

Jangan Mudah Tergiur Iming-iming Pesta Diskon

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Febiola Aryanti Perencana Keuangan Islami mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah tergiur oleh iming-iming pesta diskon yang saat ini sedang berlangsung di Jakarta.

Alasannya, berbelanja yang efektif adalah berdasarkan timing atau waktu kebutuhan, bukan berdasarkan adanya diskon yang diberikan mal atau pusat belanja.

“Perlu diingat, mal tidak hanya memberikan diskon dengan memanfaatkan saat Ramadhan atau Lebaran. Semua momen bisa dimanfaatkan sehingga kita harus bijak. Kalau kita khawatir waktu diskon akan habis, kita harus mundur lagi, tanya pada diri sendiri, kita perlu enggak sih beli barang ini?,” kata Febiola di Jakarta, Selasa (16/6/2015) seperti dilansir Antara.

Febiola menambahkan, mal dan pusat perbelanjaan memberikan diskon pasti tiga kali dalam setahun sehingga masyarakat tak perlu khawatir akan tertinggal momen diskon.

“Setiap tahun diskon itu pasti tiga kali kok. Belanja yang bijak adalah masalah timing, bukan ikut-ikutan. Tapi manfaatkan diskon untuk membeli barang yang memang diperlukan,” katanya.

Apalagi, tahun ini adalah tahun yang berat bagi perekonomian Indonesia yang sedang mengalami perlambatan.

“Apalagi tahun ini ada tiga event besar yang waktunya berdekatan yakni puasa, tahun ajaran baru dan Lebaran, masyarakat harus bijak mengelola keuangan jangan sampai pasca lebaran malah keuangannya porak poranda. Terapkan skala prioritas, utamakan memenuhi kebutuhan yang lebih penting. (ant/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
27o
Kurs