Kamis, 2 Mei 2024

Jelang Ramadhan BBPOM Surabaya Tingkatkan Pengawasan Mamin

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Kepala BBPOM Surabaya (dua dari kiri) saat melakukan sidak Mamin di gudang no 57 Margomulyo, Surabaya. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Menjelang bulan Ramadhan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Surabaya melakukan peningkatan pengawasan makanan dan minuman (mamin)yang beredar di Surabaya. Ini untuk memastikan mamin yang beredar di pasar benar-benar aman, tidak rusak, tidak kadaluarsa, dan bebas bahan berbahaya.

I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Kepala BBPOM Surabaya mengatakan, jelang hari besar seperti Ramadhan dan lebaran akan mempengaruhi jumlah permintaan karena banyaknya kebutuhan masyarakat. Hal ini berpotensi adanya peningkatan risiko terhadap keamanan pangan.

“Oleh karena itu kami melakukan intensitasi pengawasan. Bukan berarti hanya dilakukan menjelang hari raya saja, hanya saja kali ini kita intensifkan,” kata Bagus kepada wartawan, Jumat (12/6/2015).

Dia menambahkan, jelang Ramadhan ini pihaknya sudah melakukan intensitasi pengawasan sejak bulan Mei, yang dilakukan serentak secara nasional. Langkah pencegahan yang dilakukan mulai dari surat edaran, dan sidak kepada berbagai pihak agar tidak menjual produk yang tidak memiliki izin edar, kadaluarsa, rusak, dan tentunya mengandung bahan berbahaya.

“Kami juga melakukan sidak di sejumlah tempat, mulai dari gudang penyimpanan hingga pengecer di seluruh surabaya,” ujarnya. (wak/ipg)

Teks Foto:
– Petugas BBPOM Surabaya saat memeriksa makanan yang disimpan di gudang no 57 Margomulyo, Surabaya.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs